Tingkatkan Pendapatan Pembudidaya Gubernur Serahkan Benih Ikan Kerapu 17.250 beserta Pakan Ikan

Tingkatkan Pendapatan Pembudidaya Gubernur Serahkan Benih Ikan Kerapu 17.250 beserta Pakan Ikan

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 04 Oktober 2022 16:19:56 WIB


Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi memberikan sambutan dalam acara Penyerahan Benih Ikan Kerapu untuk kelompok pembudidaya ikan  di Kab. Pesisir Selatan, Selasa (4/10/2022). 

 

‘Pai bamain ka Mandiangin

Makan kerapu jo sambalado

Sanang hati tibo di Sungai Bungin

Nagari Rancak sajuak di mato’

Pantun Gubernur saat membuka sambutannya.

 

Pengembangan budidaya ikan kerapu merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk Sumbar Sejahtera, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan dalam upaya meningkatkan pendapatan pembudidaya melalui usaha budidaya kerapu. 

 

Disamping itu juga memanfaatkan potensi perairan laut Sumatera Barat yang cocok untuk usaha budidaya, salah satunya budidaya kerapu. Budidaya kerapu memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan merupakan komoditi ekspor dengan pasar utama yaitu Negara Hongkong.

 

Sungai Bungin memiliki potensi sumberdaya laut yang tinggi, yang pemanfaatannya sudah dilakukan melalui usaha perikanan tangkap dan beberapa tahun ini melalui usaha budidaya kerapu.

 

Sesuai dengan tema HUT Prov. Sumbar ”Bangkit Lebih Kuat Menuju Sumatera Barat Yang Madani, Unggul dan berkelanjutan”. Pemerintah Provinsi mendorong melalui instansi terkait agar masyarakat dapat meningkatkan pendapatannya dengan memanfaatkan potensi sumberdaya alam kita yang kaya dengan cara memanfaatkan secara baik, bertanggung jawab dan ramah lingkungan sehingga dapat berkelanjutan, guna mewujudkan visi dan misi yang telah dituangkan dalam RPJMD.

 

‘Dengan adanya bantuan ini, diharapkan para pembudidaya disini dapat melaksanakan usaha budidaya ikan kerapu ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan pembudidaya. Kedepannya diharapkan Daerah Sungai Bungin ini dapat menjadi salah satu sentra kerapu di Provinsi Sumatera Barat.’ tutup Gubernur Sumbar.