PERINGATAN HARI NUSANTARA TAHUN 2022

PERINGATAN HARI NUSANTARA TAHUN 2022

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 23 Desember 2022 16:42:26 WIB


Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy memimpin Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2022 di halaman kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, Rabu (20/12/2022).

 

Upacara  Peringatan Hari Nusantara diikuti oleh seluruh jajaran DKP Provinsi, Kadis yang membidangi perikanan Kab.Kota, Ka.UPT KKP dan Kelompok usaha perikanan pemenang lomba kinerja kelembagaan.

 

Hari Nusantara adalah refleksi dari deklarasi Djoeanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia saat itu Djoeanda Kerta Wijaya bahwa Indonesia adalah negara kepulauan.

 

Untuk mendapatkan pengakuan Dunia bahwa laut Indonesia di antara dan di dalam kepulauan menjadi satu kesatuan Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)  merupakan Satu Kesatuan yang Utuh.

 

Hukum Laut PBB ke III tahun 1982  UNCLOS (United Nation On The law of The Sea) dan dipertegas kembali dengan Undang-undang nomor 12 tahun 1985 tentang pengesahan Unclos 1982 bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan.

 

 

Pada tanggal 13 Desember 1999 dicanangkan sebagai Hari Nusantara oleh Presiden Gusdur selanjutnya dalam dua tahun kemudian Presiden RI Megawati Soekarno Putri mengeluarkan Surat Keputusan Presiden nomor 126 tahun 2001 yang menetapkan tanggal 13 Desember sebagai Hari Nusantara.

 

Sejak Tahun 1999 kita telah melaksanakan peringatan Hari Nusantara.

 

“Silakan Bapak Ibu yang punya ide dan konsep sampaikan, langsung saja, Ide bisa dari level manapun. Sinergi sangat dibutuhkan antara Provinsi dan Kab./Kota yang memiliki pesisir dalam membangun kawasan pesisir dan laut Sumatera Barat” kata Wagub dalam sambutannya.

 

Peringatan hari Nusantara tahun ini dipusatkan di Wakatobi Sulawesi Tenggara dan Kementerian Investasi menjadi Penyelenggaranya.