Wagub Sumbar Menerima Site Visit Team Asian Development Bank

Wagub Sumbar Menerima  Site Visit Team Asian Development Bank

Berita OPD Eri Jusnita, ST.(DINAS KELAUTAN DAN PERIKANAN) 27 Januari 2023 11:10:30 WIB


Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy menerima Site Visit Team Asian Development Bank  dalam rangka  Diskusi Pengembangan Pelabuhan Perikanan (PPS) Bungus dalam rangka Reconnaissance Mission Proyek Integreted Fishing Port and International Fish Markets Phase II Calon Lander Asian Development Bank (ADB) di Aula DKP Sumbar, Kamis (26/01/23).

 

Acara ini dihadiri oleh Asisten 2, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Kepala DPMPTSP, Kepala Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus, Team ADB, Bappenas dan Ditjen Perikanan Tangkap KKP serta Kepala UPTD dan Kepala Dinas 7 Kab./Kota Pesisir.

 

Pada kesempatan itu Wakil Gubernur menyampaikan potensi kelautan dan perikanan di Sumatera Barat yang masih terbuka luas untuk dikembangkan bagi kesejahteraan masyarakat dan investasi baik itu untuk penangkapan ikan, budidaya laut seperti budidaya kepiting sistem apartemen dan juga untuk pariwisata bahari.  

 

Wakil Gubernur juga berharap peran PPS Bungus lebih ditingkatkan lagi dengan banyaknya aktifitas pendaratan ikan komoditi ekspor terutama ikan tuna mengingat potensi ikan tuna yang besar di perairan Sumatera Barat.

 

Beliau sangat mendukung dan menyambut positif rencana ADB untuk pengembangan pelabuhan perikanan yang terintegrasi dan pasar perikanan berskala internasional di PPS Bungus dan diharapkan juga bisa meningkatkan sarana dan prasarana pelabuhan perikanan yang di bawah kewenangan Provinsi terutama pelabuhan pendaratan ikan Air Bangis dan Carocok Tarusan. 

 

Selanjutnya Kepala DKP juga mempresentasikan peragaan dan potensi perikanan tangkap serta informasi terkait pelabuhan perikanan yang di bawah kewenangan Provinsi, baik kondisi sarana dan prasarana pelabuhan dan pengelolaannya.

 

Tim ADB yang diwakili Mr. Dillan dan Bapak Jimmi menyampaikan bahwa rencana project ini  yang nantinya berupa dana pinjaman lunak dari ADB dapat dibangun fasilitas yang memiliki standar Internasional, komoditi yang didaratkan di pelabuhan memiliki kualitas yang tinggi bisa menembus pasar Eropa dan Amerika dan memberikan value added dan revenue.