Diskominfotik Prov. Sumbar Latih Admin OPD Kelola Website Melalui Konten dan Desain Menarik

Diskominfotik Prov. Sumbar Latih Admin OPD Kelola Website Melalui Konten dan Desain Menarik

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 09 Maret 2023 15:08:15 WIB


Kemajuan dan perkembangan teknologi informasi, serta pengetahuan masyarakat dewasa ini sudah sulit dibendung. Keakraban masyarakat dengan informasi dan internet adalah bagian dari modernisasi masyarakat.

Melihat hal ini, perlunya peranan website sebagai jendela informasi dan komunikasi bagi publik, tanpa website informasi dan komunikasi yang efektif tidak akan diterima secara masif oleh khalayak publik.

Pemerintah Daerah melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Sumatera Barat (Diskominfotik Sumbar) mengadakan Bimbingan Teknis Publikasi Website OPD Melalui Konten dan Desain Menarik, di Aula Lt. III Kantor Bapedda, Kamis (9/3/2023).

Plh. Kepala Dinas Kominfotik Prov. Sumbar, Oni Fajar Syahdi, mengimbau seluruh OPD Lingkup Provinsi Sumbar untuk selalu mengupdate konten-konten baik itu pemberitaan atau informasi kegiatan yang ada di OPD-nya masing-masing.

"Setelah dilakukan pengecekan, terdapat 35 persen dari seluruh OPD yang bertugas sebagai operator website tidak mengupdate konten maupun pemberitaan," ujarnya.

Menurutnya keaktifan website OPD sangat berpengaruh terhadap jalannya Penerapan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) di Sumbar. Oleh sebab itu Plh. Kadis Kominfotik Prov Sumbar mengajak untuk saling bersinergi agar pelayanan kepada masyarakat dapat responsif dan cepat.

"Layanan SPBE itu menjadi indikator kinerja Pemerintah Daerah, apabila masih terdapat OPD yang websitenya tidak aktif, hal itu akan mengurangi presentase masyarakat yang mendapatkan informasi terkait program pemerintah," ungkapnya.

Mendukung hal tersebut, Kepala Bidang Aplikasi Informatika, Lizda Handayani, mengatakan tujuan diadakannya Bimtek ini adalah untuk mengoptimalkan pengelolaan portal website di seluruh OPD, serta meningkatkan kompetensi pengelola website dalam membuat konten dan desain yang menarik.

Ia juga mengajak kepada peserta yang merupakan para admin pengelola website di OPD-nya masing-masing, untuk aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber, Tedy Wirasetya, yang merupakan Praktisi dan Dosen Desain Komunikasi Visual dari Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.

Dinas Kominfotik Sumbar