Pelatihan Pejabat Penatausahaan Keuangan BPSDM Sumbar, Tingkatkan Kinerja Tata Kelola Keuangan Daerah 

Pelatihan Pejabat Penatausahaan Keuangan BPSDM Sumbar, Tingkatkan Kinerja Tata Kelola Keuangan Daerah 

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 19 Maret 2023 21:15:41 WIB


Setelah berlangsung selama lima hari, pelatihan Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) resmi ditutup pada hari Jumat, 17 Maret 2023. Acara penutupan dipimpin oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumbar, Dr. Ir. Desniarti, MM.

Dalam sambutannya, Desniarti berpesan agar para PPK peserta pelatihan selalu menerapkan ilmu yang telah diperoleh selama di BPSDM, meningkatkan kinerja, dan konsisten dengan tata kelola keuangan yang baik dan benar.

"Alhamdulillah, kegiatan dapat terlaksana dengan lancar, dan seluruh PPK bersemangat mengikuti pelatihan dari awal hingga selesai", kata Desniarti.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan terhadap peserta, sebanyak 61,67% dinyatakan lulus dengan nilai Memuaskan dan 38,33% dinyatakan lulus dengan nilai Cukup Memuaskan. Peserta terbaik secara berurutan dari pemuncak 1, 2, dan 3 dari masing-masing Angkatan adalah sebagai berikut:

Angkatan I:

1. Yose Gusti Rahman, SE., M.Si dari Dinas dari Bina Marga Cipta Karya dan Tata Ruang (BMCKTR) dengan nilai 90,00;

2. Nurul Umami, S.Pd. dari Dinas Pendidikan dengan nilai 88,30; dan

3. Oktavia Chairul, SE., Akt. dengan nilai 88,20 dari Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi.

Angkatan 2:

1. Ibu Hernita Susanti, SE. dari Dinas BMCKTR dengan nilai 86,10;

2. Ibu Yuliati, SE., dari Dinas BMCKTR dengan nilai 86,00; dan

3. Bpk. Khairul Fadhli, SE. dari RS. HB Saanin dengan nilai 84.80.

Dilaporkan Ketua Panitia sekaligus Kepala Bidang PKT, Monita, BPSDM selalu meningkatkan mutu untuk mencapai nilai akreditasi dengan menyiapkan kurikulum dan narasumber terbaik bagi peserta pelatihan. 

"Narasumber pelatihan PPK berasal dari Ditjen Bina Keuda Kemendagri; BPKAD Provinsi untuk materi Gambaran Umum Pengelolaan Keuangan Daerah, Pengelolaan Barang Milik Daerah, Kebijakan Hibah dan Bansos; Inspektorat Daerah untuk Kerugian Keuangan Daerah; Pendidikan Antikorupsi dari Forum PAKSI Sumbar; dan Widyaiswara pengampu Mata Pelatihan," papar Monita.

Selain itu, pembelajaran dilengkapi dengan melakukan Visitasi ke Badan Keuangan Daerah Kota Bukittinggi sebagai BKD terbaik kelima se-Indonesia dalam hal realisasi pencapaian PAD, Pelayanan Digital seperti: SIPD, e-BUMD, e-BLUD, e-BMD, SIMANDA, SISPENSI PDRB.

 

Dinas Kominfotik Prov. Sumbar