Survey Lokasi Pembukaan Samsat Nagari di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar

Survey Lokasi Pembukaan Samsat Nagari di Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar

Berita OPD Admin Bapenda() 30 Maret 2023 11:28:04 WIB


Samsat Nagari adalah salah satu implementasi dari arahan Bapak Presiden RI untuk menghadirkan negara ditengah masyarakat dalam bentuk mendekatkan pelayanan publik kepada wajib pajak pemilik kendaraan bermotor. Pembukaan titik pelayanan baru tersebut dilakukan pada lokasi-lokasi pusat konsentrasi masyarakat pada tingkat pemerintahan yang lebih rendah (desa/nagari/kecamatan). Berdasarkan hal tersebut, Bapenda melakukan survey lokasi samsat nagari yang direncanakan akan dibuka di Kantor BPRN Lubuk Jantan Kec. Lintau Buo Utara Kab. Tanah Datar. Rabu (29/3/2023).

Tim survey yang terdiri dari Ka.UPTD SIPD Bapenda (A. Suhendri) beserta jajaran, Kasi Bid. Pajak (Fran Sanjaya), Kacab UPTD PPD Batusangkar (Riki Suardi), Kanit Regiden (Rido), Tim dari Bank Nagari disambut dengan baik oleh Ka. Camat Lintau Buo Utara  (Arief Gani) dan Wali nagari Lintau Buo (Mukhlis) beserta jajaran.

Suhendri menyampaikan bahwa lokasi yang di rekomendasikan oleh Wali Nagari dan Camat Lintau Buo Utara ini sudah tepat karena berada di jalur lintas Provinsi Sumatera Barat. Dari segi akses jaringan komunikasi sudah bagus dan dekat dengan Kantor Cabang Bank Nagari. Namun nantik tentunya akan ada beberapa perbaikan yang dilakukan secara bersama-sama. Suhendri menegaskan secara umum penempatan lokasi sudah sangat bagus, karena orientasi pemilihan tempat adalah pelayanan yang mudah diakses oleh masyarakat sehingga masyarakat mudah menjalankan kewajibannya membayar pajak kendaraan. Jika terealisasi ini akan menjadi Samsat nagari yang ke 10 di Sumatera Barat. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada semua pihak yang terkait dalam mensukseskan Samsat Nagari di Kec. Lintau Buo ini.

Selanjutnya Arief Gani (Ka. Camat Lintau Buo Utara) menyampaikan harapan besar agar Samsat Nagari ini dapat segera direalisasikan, mengingat potensi yang sangat besar dan minat masyarakat dalam menunaikan kewajiban membayar pajak kendaraan sangat tinggi. Nantinya samsat nagari ini dapat mengakomodir 9 desa/nagari  di dua Kecamatan. Terkait dengan fasilitas dan segala hal untuk menunjang kantor samsat nagari ini akan sama-sama dibenahi dengan koordinasi semua pihak terkait.

Berharap semoga pembukaan Samsat Nagari ini dapat segera di realisasikan demi kemudahan masyarakat dalam menjalankan kewajibannya.