Kadis Kominfotik Sumbar Tutup Bimtek Jurnalistik I Tahun 2023

Kadis Kominfotik Sumbar Tutup Bimtek Jurnalistik I Tahun 2023

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 30 Maret 2023 18:35:09 WIB


Tiga hari pelaksanaan Bimtek Jurnalistik Bagi Awak Media Sumatera Barat (Sumbar) Angkatan I tahun 2023, ditutup secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Sumbar, Siti Aisyah, di Sati Room Pangeran Beach Hotel, Padang, Kamis (30/3). 

Dalam sambutannya, Siti Aisyah menyampaikan apresiasi tinggi atas presensi peserta selama tiga hari. Aisyah berharap, kegiatan bimtek dapat meningkatkan wawasan dan profesionalitas wartawan. 

"Sesuai arahan Pak Gubernur, semoga sinergi Diskominfotik dan organisasi pers kedepan dapat juga mendorong peningkatan sertfikasi wartawan di Sumbar," harap Aisyah. 

Dalam penutupan bimtek yang berlangsung sejak 28 Maret tersebut juga hadir Anggota DPRD Sumbar Fraksi PKS Muhammad Ridwan yang telah menganggarkan dana aspirasinya untuk peningkatan kapasitas para insan pers. Ia juga mengapresiasi keseriusan para peserta selama bimtek, meskipun mayoritas peserta merupakan para wartawan senior. 

Ridwan juga mengungkapkan, ia bersama Diskominfotik sengaja menghadirkan narasumber berkompeten dari kalangan akademisi dan praktisi, dalam rangka ingin memberikan yang terbaik bagi insan pers Sumbar, khususnya yang bertugas di Pariaman dan Padang Pariaman. 

"Bimtek kita buat dalam tiga angkatan, pertama untuk para expert dengan menghadirkan para profesional dan profesor dibidangnya untuk memotivasi para wartawan senior. Angkatan kedua untuk milenial, dan yang ketiga untuk perempuan penulis," jelas Ridwan. 

Narasumber dalam bimtek yang diikuti 55 peserta diantaranya Ketua PWI Sumbar Basril Basyar, dengan tema "Menjadi Sosok Insan Pers Yang Ideal", Prof. Awis Karni dari UIN Imam Bonjol, serta Prof. Asrinaldi dari Universitas Andalas. 

Salah seorang peserta bimtek, Safrizal Putra dari Reportaseinvestigasi.com menyampaikan bimtek yang diikutinya menjadi momen yang berhasil untuk lebih menyemangatinya dalam menjalankan fungsi Pers. 

"Kepada Anggota DPRD, Kepala Dinas Kominfo Sumbar beserta jajaran, kepada narasumber yang memberikan materi, serta seluruh peserta yang ikut dalam kegiatan bimtek, saya mengucapkan terima kasih untuk semuanya," kata Safrizal.(doa/MMC) 

 

Dinas Kominfotik Prov. Sumbar