Pemprov Sumbar Siapkan Antisipasi Lonjakan Pemudik dan Wisatawan Saat Libur Lebaran 

Pemprov Sumbar Siapkan Antisipasi Lonjakan Pemudik dan Wisatawan Saat Libur Lebaran 

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 06 April 2023 23:30:42 WIB


Menghadapi prediksi lonjakan arus mudik dan wisatawan yang masuk ke Sumatera Barat (Sumbar) pada libur hari raya Idul Fitri tahun ini, Pemerintah Provinsi Sumbar bekerjasama dengan berbagai pihak dan instansi terkait menyiapkan berbagai langkah antisipasi, khususnya untuk mengatasi kemacetan, masalah kebersihan serta keamanan dan kenyamanan di destinasi wisata. 

Demikian disampaikan Asisten II Setdaprov Sumbar, Wardarusmen, didampingi Kadis Kominfotik Siti Aisyah dan Kadishub Dedy Diantolani, saat jumpa pers dengan sejumlah media, di Padang, Rabu (5/4/2023). Turut hadir juga perwakilan dari Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup Sumbar dan Dinas Perindag. 

Menurut Wardarusmen, salah satu upaya antisipasi adalah diadakannya rekayasa lalu lintas jalan satu arah dari Sicincin ke Bukittinggi dan sebaliknya, oleh Polda Sumbar bersama Dinas Perhubungan Sumbar, penguatan peran Pokdarwis di destinasi wisata oleh Dinas Pariwisata, serta program Green Ramadhan dan penilaian nagari terbersih oleh Dinas Lingkungan Hidup. 

Wardarusmen menyebut, lonjakan pemudik dan wisatawan diperkirakan mencapai empat kali lipat dari tahun sebelumnya. Pemudik yang masuk ke Sumbar didominasi melalui jalur udara dan darat. Untuk jalur udara melalui pintu gerbang Bandara Internasional Minangkabau (BIM), perbandingan jumlah flight tahun ini diprediksi mengalami peningkatan, karena akan mengalami lonjakan kedatangan penumpang pesawat masuk ke BIM sebanyak 4 kali dibandingkan tahun 2022. 

“Jika tahun 2022 lalu jumlah pemudik yang datang melalui BIM mencapai 24 ribu, maka tahun sekarang bisa mencapai 100 ribu lebih. Karena itu dibutuhkan dukungan dan kesiapan PT Angkasa Pura II Cabang BIM,” terang Wardarusmen. 

Ditambahkan, antisipasi kemacetan juga dilakukan di lokasi destinasi wisata dan rumah makan serta pasar. Untuk melaksanakan langkah antisipasi ini, selain melibatkan seluruh OPD dan stake holder juga melibatkan pemerintah kabupaten kota. 

Oleh sebab itu, Gubernur Sumbar Buya Mahyeldi telah menyurati OPD Pemprov Sumbar terkait serta bupati dan wali kota, pada 3 April 2023 lalu, agar mengambil kebijakan meningkatkan kelancaran arus barang dan orang serta sarana perhubungan dan transportasi. Termasuk juga kebijakan meningkatkan pelayanan pariwisata perdagangan dan meningkatkan pengelolaan persampahan. 

Sementara itu menurut Dedy Diantolani, melalui jalur darat, pemudik juga mencapai empat kali lipat dibandingkan tahun lalu. Pemudik akan didominasi dari Pekanbaru, Jambi dan Jakarta. Bahkan, juga ada kunjungan perantau asal Agam di Malaysia sebanyak 2 ribu orang akan pulang bersama pada lebaran tahun ini. 

"Prediksi penambahan di jalur darat 4 kali lipat. Untuk kemacetan terkonsentrasi di 25 titik yang tersebar di Bukittinggi, Payakumbuh, Padang Pariaman, Padang Panjang dan Tanah Datar. Ujicoba One way selama 4 jam Sabtu ini, mudah-mudahan dapat secara signifikan menurunkan kemacetan," harap Dedy. 

Strategi lain yang diupayakan Dishub Sumbar menurut Dedy adalah melalui pemeriksaan kelaikan kendaraan, serta pembatasan angkutan barang. 

Sementara itu, terkait kawasan Kelok 9, menurut Wardarusmen, Pemprov Sumbar berkoordinasi dengan Pemkab Limapuluh Kota, akan melakukan pengamanan khusus agar tidak ada yang memanfaatkan fly over tersebut untuk selain lalu lintas kendaraan. 

Terakhir, Kepada warga masyarakat, pengelola berbagai destinasi dan rumah makan, Wardarusmen mengingatkan agar memberikan pelayanan terbaik bagi tamu, jangan ada lagi pungli.(MMC) 

 

Dinas Kominfotik Prov. Sumbar