Komisi II DPRD Sumbar Tinjau Lokasi Geltek Penastani di Lanud Sutan Sjahrir

Komisi II DPRD Sumbar Tinjau Lokasi Geltek Penastani di Lanud Sutan Sjahrir

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 24 Mei 2023 16:13:10 WIB


Ketua dan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bersama beberapa pimpinan OPD Provinsi Sumbar meninjau lokasi gelar teknologi di lahan seluas 17,4 Ha, di lahan bekas pacuan kuda kawasan Lanud Sutan Sjahrir, Tabing, Padang, Rabu (24/5/2023).

Gelar teknologi pertanian tersebut merupakan rangkaian kegiatan pelaksanaan Pekan Nasional (PENAS) Petani Nelayan XVI Tahun 2023 di Provinsi Sumbar.

Rombongan dipimpin langsung Ketua Komisi II H.Mochklasin, Wakil Ketua Komisi II, Drh. Nela Abdika Zamri, dan anggota Komisi II Syamsul Bahri dan Firdaus.

Turut hadir Kepala OPD diantaranya Kepala Disbuntanhor Febrina Tri Susila, Kadis SDA dan Bina Kontruksi Fathol Bari, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Reti Wafda, Kadis Kehutanan Yozawardi, Kadisperindag Novrial serta pejabat terkait dari Dinas Perhubungan, Dinas Kominfotik Sumbar dan Balitbang.

Poin utama yang menjadi perhatian Komisi II dalam peninjauan ini menurut Mockhlasin adalah kesiapan bangunan pendukung dan infrastruktur, serta kesiapan dari sisi akses.

“Kita menginginkan Penas berjalan dengan sukses. Sebelumnya kita sudah lakukan dua kali rapat. Hari ini kita ingin melihat langsung progresnya karena waktu sudah makin dekat. Khususnya untuk memastikan bangunan pendukung yang dibuat agar bisa diselesaikan sesuai jadwal," ujar Mochlasin.

Ketua KTNA Sumbar, Asnal Zakri, kepada Komisi II menyampaikan progres Lokasi Gelar Teknologi Penas seluas 17,4 ha terdiri dari 39 blok yang diisi oleh balai-balai penelitian, dinas pertanian dan pihak swasta.

"Kondisi saat ini semua bangunan pendukung telah sampai pada tahap finishing. untuk embung telah selesai. Untuk Tanaman sudah ditanam semuanya dan sebagian juga sudah ada yang pada tahap bunga atau tumbuh buah. Keutamaan pada Penas kali ini adalah smart farming,"ungkap Asnal.

Kabid Inotek dari Balitbang Sumbar, Rina Morita juga menambahkan, untuk akses, jalan beton di sekitar embung dan Gelar Teknologi telah selesai. Untuk akses betonisasi oleh Panitia dari Kota Padang akan dilaksanakan pada tanggal 1-5 Juni mendatang. Sementara lahan-lahan lainnya juga telah disiapkan untuk peternakan.

Dalam peninjauan tersebut, rombongan juga melihat beberapa fasilitas diantaranya embung, gedung utama dan pendukung serta Smart Green House.(doa)

Dinas Kominfotik Sumbar


Berita Terkait Lainnya :