Subuh Mubarokah di Mesjid Raya, Dinas PMD Sumbar Laksanakan Gotong Royong

Subuh Mubarokah di Mesjid Raya, Dinas PMD Sumbar Laksanakan Gotong Royong

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 04 Juni 2023 13:01:37 WIB


Padang, Juni

Subuh Mubarokah di Mesjid Raya Sumbar yang berlangsung Minggu (4/6/2023) pagi, pelaksananya adalah Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumbar. Setelah sholat Subuh berjemaah dan ceramah agama, maka dilanjutkan dengan gotong royong bersama di areal masjid megah ini.

Penceramah dalam Subuh Mubarokah ini adalah Ustadz Zul Asfi Lubis, SAg.MA, yang mengangkat tema yaitu “Tiga Ibadah 1 kali dalam 1 tahun”, yang sangat tepat dengan kondisi hari ini, yaitu tentang pelaksanaan ibadah haji dan pelaksanaan ibadah kurban pada Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Menurut Ustadz Zul Asfi Lubis, pelaksanaan ibadah haji ke Baitullah bagi umat Islam yang mampu. Namun sepulang dari ibadah haji, mereka terbagi atas tiga. Pertama, orang yang telah melaksanakan haji namun sikap tidak berubah perangainya. Kedua, orang yang naik haji dan kembali ke tanah air tidak ada perubahan  tingkah lakunya. Ketiga, orang yang jadi haji berkualitas yaitu haji mabrur.

Kemudian puasa Arafah, dimana dosa tahun lalu dan tahun yang akan datang diampuni Allah SWT. Orang yang berhak puasa arafah adalah orang yang tidak ikut di Padang Arafah. Kemudian ibadah yang sekali setahun adalah penyembelihan hewan kurban pada tanggal 10, 11 dan 12 Zulhijah.

Selesai sholat Subuh berjemaah dan ceramah, langsung dilaksanakan gotong royong Keluarga Besar Dinas PMD Sumbar di areal (kapling nomor 5),yaitu di sekitar halaman depan masjid. Gotong royong dipimpin langsung oleh Kadis PMD Sumbar Amasrul,SH.,yaitu memotong rumput, membersihkan riol dan menata bunga.

Menurut Amasrul, pelaksanaan Subuh Mubarokah ini merupakan agenda bergiliran dari OPD yang ada dilingkungan Pemprov Sumbar. Oleh Dinas PMD kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kadis, karena memang menjadi kegiatan dinas, keagamaan dan silaturrahmi bagi semua ASN. 

Dalam Subuh Mubarokah Dinas PMD Sumbar ini hadir 29 ASN dari jumlah 50 orang. Sisanya izin sebanyak 6 orang,sakit 1 orang dan tanpa keterangan (TK) 14 orang. Terhadap mereka yang tidak hadir TK ini akan diberikan teguran oleh Dinas PMD Sumbar. (GK)