Saiyo Lumindai Juara Lomba Bumdes/Bumnag Berprestasi Tingkat Sumbar Tahun 2023

Saiyo Lumindai Juara Lomba Bumdes/Bumnag Berprestasi Tingkat Sumbar Tahun 2023

Berita OPD Adi pondra(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa) 01 September 2023 16:41:55 WIB


Padang, Agustus

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Saiyo Lumindai Desa Lumindai, Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto berhasil menjadi juara 1 Lomba Bumdes/Bumnag Berprestasi Tingkat Sumbar tahun 2023.  Karena raihan prestasi itu, Bumdes Saiyo Lumindai berhak atas uang pembinaan dari Pemprov sebesar Rp12,5 juta.

Penyerahan piagam dan hadiah kepada Bumdes Saiyo Lumindai dilakukan oleh Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sumbar yang diwakili Sekretaris Dinas PMD Amriman, S.Pd.MM didampingi Kabid UEM & KP Mahdianur, SE.MM pada tanggal 17 Agustus 2023 di Auditorium Gubernuran, Jalan Sudirman Padang

Hadiah berupa tropi, piagam penghargaan dan uang pembinaan itu diterima secara simbolis oleh Kepala Desa Lumindai Chairunas, S.Ag yang didampingi oleh Direktur BUMdes Saiyo Lumindai Ibu Nela Roska Yuliani, S.Si.

"Selamat kepada Bumdes Saiyo Lumindai dan para pemenang lainnya dalam lomba ini, sehingga prestasi yang diraih Bumdes/Bumnag ini dapat jadi motivasi untuk yang lain dalam menggairahkan ekonomi di desa dan nagari," kata Sekretaris Dinas PMD Amriman, S.Pd.MM., kepada media, Kamis (24/8/2023).

Menurutnya, Bumdes/Bumnag adalah lembaga pengungkit perekonomian desa/nagari melalui peningkatan layanan umum dan mengoptimalkan asset desa. Selain itu Bumdes/Bumnag memiliki peran sebagai pendukung kegiatan usaha dan perekonomian masyarakat desa/nagari melalui fasilitasi kegiatan ekonomi produktif desa.

"Dinas PMD Sumbar melalui Bidang UEM & KP selalu melakukan pembinaan terhadap Bumdes/Bumnag dengan cara mengadakan pelatihan secara rutin setiap tahun untuk manajer Bumdes/Bumnag terpilih, mengadakan Lomba Bumdes/Bumnag Berprestasi dan berbagai kunjungan ke lapangan. Alhamdulillah hasilnya menggembirakan yang terbukti dengan meningkatnya aset dari Bumdes/Bumnag yang ada di nagari-nagari," kata Amriman, S.Pd.MM.

Selain Lomba Bumdes/Bumnag Berprestasi Tingkat Sumbar, pada tahun 2023 ini juga dilaksanakan Lomba Budidaya Maggot pada unit usaha Bumnag Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang diharapkan dapat menggairahkan usaha budidaya maggot yang secara ekonomi sangat menjanjikan.

Selengkapnya hasil Lomba Bumnag Berprestasi Tingkat Sumbar tahun 2023 ini Juara I, II, III dan Harapan I adalah Bumdes Saiyo Lumindai Desa Lumindai, Kec. Barangin Kota Sawahlunto (hadiah Rp12,5 juta), Bumnag Bungo Satangkai Nagari Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar (hadiah Rp10 juta), Bumnag Zigiran Mandiri Nagari Simpang Sugiran Kecamatan Guguak Kabupaten Limapuluh Kota (hadiah Rp7,5 juta),  dan Bumnag Talang Sarumpun Nagari Talang Babungo Kecamatan Hiliran Gumanti Kabupaten Solok dengan hadiah Rp4 juta. (GK)


Berita Terkait Lainnya :