Meriahkan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023, Gubernur Sumbar Melepas Ribuan Peserta Sepeda Sehat

Meriahkan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023, Gubernur Sumbar Melepas Ribuan Peserta Sepeda Sehat

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 18 Desember 2023 09:30:09 WIB


PADANG--Dalam rangka menyemarakkan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023. Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah melepas Ribuan Sepeda Sehat di Halaman Kantor Gubernur Sumbar, Minggu (17/12/2023). Pada kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi mengajak Ribuan peserta Sepeda Sehat mengingat kembali pentingnya peristiwa Hari Bela Negara. 

"Sebab Hari Bela Negara bukan hanya tanggungjawab komponen bangsa dan bukan hanya pemerintah, tetapi ini juga semangat bagi kita semua dan bagi generasi muda pada tahun 2045 nanti. Sehingga Sumbar tetap berada di posisi terbaik untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," kata Gubernur.

Gubernur Mahyeldi mengatakan dapat dilihat dari banyaknya hari peringatan yang ditetapkan pemerintah untuk mengingat setiap peristiwa penting dalam proses perebutan kemerdekaan.

"Salah satu peristiwa penting yang selalu diperingati oleh bangsa Indonesia adalah peristiwa 19 Desember yang ditetapkan sebagai Hari Bela Negara," terang Gubernur dalam sambutanya. 

Pada 74 tahun lalu tepatnya pada 19 Desember 1948, sambung Gubernur   bangsa Indonesia menghadapi situasi genting dengan agresi Belanda kedua yang memaksa perpindahan ibu kota negara dari Yogyakarta ke Bukittinggi dengan membentuk Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI).

"Peristiwa ini adalah hari besar di negara ini yang berada di luar Jawa yang di dasarkan peristiwa PDRI. Oleh karena itu dengan adanya PDRI ini sebagai penyambung nyawa NKRI. Itulah di Sumatera Barat yang kita rayakan pada hari ini. Kalau tidak ada PDRI maka tidak ada Indonesia," ujarnya.

Ia berharap dengan kegiatan menyambut hari bela negara hari ini semua komponen dapat mengetahui betul tentang hari bela negara. "Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi semangat bagi kita dalam rangka untuk menunjukan Sumatera Barat memilki peran yang strategis dalam memberikan kontribusi untuk NKRI," harapnya. 

"Selamat Hari Bela Negara 19 Desember 2023". Semoga dengan semangat kita semua untuk membela negara dapat memberikan pengorbanan sebaik mungkin, agar bangsa ini tetap hadir dan tetap diwarisi oleh generasi muda sumbar di masa yang akan datang. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumbar Maifrizon melaporkan kegiatan sepeda sehat digelar dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023.

"Acara ini di selenggarakan agak berbeda dari Tahun sebelumnya, hari ini kita sediakan hadiah dengan nominal 30 juta untuk 30 orang pemenang doorprize, tetapi ingat potong pajak 6 persen saja," kata Maifrizon.

Namun yang penting adalah bagaimana bisa hidup lebih sehat dengan bersepeda dan dapat menumbuhkan semangat yang luar biasa. "Kita berharap ke depan acara ini akan terus kita tumbuh kembangkan untuk bisa hidup lebih sehat," tuturnya.