Peringatan Peristiwa Situjuah ke-75, Diskominfotik Sumbar Gelar Nonton Bareng Dokumenter 

Peringatan Peristiwa Situjuah ke-75, Diskominfotik Sumbar Gelar Nonton Bareng Dokumenter 

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 15 Januari 2024 21:21:25 WIB


Memperingati 75 tahun peristiwa Situjuah, Dinas Kominfotik bersama Badan Kesbangpol Sumbar menggelar "nonton bareng dokumenter Situjuah" di Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota, Minggu malam (14/01/2024).

Pemutaran film dokumenter Situjuah disambut hangat masyarakat yang ingin menggali kembali tragedi berdarah yang menjadi bagian dari sejarah NKRI tersebut. Pemuda, orang tua hingga anak-anak tampak antusias menyimak penjelasan sejarawan hingga keluarga pejuang yang gugur pada peristiwa Situjuah yang dikemas dalam dokumenter.

Kepala Badan Kesbangpol Sumbar Erinaldi mengatakan, masyarakat Minangkabau umumnya berbudaya tutur. Dengan adanya dokumenter dapat menjadi alternatif pengingat peristiwa Situjuah dalam kemasan audio visual.

"Masyarakat Minangkabau budayanya bertutur. Dokumenter ini menjadi salah satu pengingat peristiwa yang dituturkan kakek nenek kita dan akan mendampingi kisah peristiwa Situjuah yang akan kita tuturkan pada anak cucu kita nanti," ujar Erinaldi.

Menurut Erinaldi, Peristiwa Situjuah adalah bagian tak terpisahkan dari Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI), sebuah peristiwa titik kritis kemerdekaan yang teramat penting.

"Ini adalah bukti yang perjuangan dan kecintaan yang diberikan Masyarakat Sijunjung kepada negara yang harus kita lanjutkan," sambungnya.

Sementara itu, Wali Nagari Sijunjung Batua DV. Dt. Tan Marajo mengaku senang dan bangga dengan semakin besarnya perhatian pemerintah provinsi pada peristiwa bersejarah tersebut. Peristiwa Situjuah yang sebelumnya hanya diperingati oleh masyarakat setempat, kini telah diakui sebagai peristiwa bersejarah nasional dan diperingati oleh pemerintah provinsi setiap tahun.

"Kami merasa derajat masyarakat Situjuah terangkat dengan besarnya perhatian pemerintah provinsi terhadap peristiwa Situjuah," ungkapnya.