Magang ASN Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2024

Magang ASN Pemerintah Provinsi Sumatera Barat di Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2024

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 27 Februari 2024 15:34:16 WIB


(26/02/204),- ASN Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melaksanakan magang ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur Tahun 2024. Magang ini  dalam rangka peningkatan kompetensi ASN di lingkungan Provinsi Sumatera Barat dan berdampak terhadap kinerja organisasi, seperti rencana penerapan Corporate University di Sumatera Barat dan Peningkatan Nilai Sakip Indeks Reformasi Birokrasi (RB), Indeks Profesionalitas (IP) ASN  Pemprov Sumatera Barat. Magang ini juga merupakan salah satu bentuk tindak lanjut terhadap Perjanjian Kerja Sama antara Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat tentang pengembangan kompetensi SDM.

Peserta magang diterima oleh Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Jawa Timur Dr. Akh. Jazuli, SH, M.Si bertempat di Ruang Sasana Wiata Praja BPSDM Provinsi Jawa Timur. Magang ini diikuti oleh 26 orang ASN dengan lokasi magang ke-12 OPD di Jawa Timur yakni, Inspektorat, BKD, BPSDM, BPKAD, Bappeda, Dinas PU Bina Marga, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Peternakan, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfotik, Dinas Nakertrans dan Biro Organisasi.

Peserta magang ASN Provinsi Sumatera Barat diantarkan oleh Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Dr. Ir. Desniarti, MM, beserta Kepala Dinas Peternakan dan Keswan, Sukarli Kepala Dinas Nakertrans Nizam Ul Muluk, Kepala Dinas Kominfotik Siti Aisyah, Kepala Biro Organisasi Fitriati, Sekretaris BKD Yulitri Susanti dan  Sekretaris Dinas BMCTR Widya Prima Hatta.

Penerimaan peserta magang dihadiri oleh Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur Dr. Ramliyanto, SP, MP, Pejabat di Lingkungan BPSDM Provinsi Jawa Timur, dan Perwakilan dari Lokus magang di OPD Lingkup Provinsi Jawa Timur.

Kepala BPSDM Provinsi Sumatera Barat Bunda Desniarti mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang telah berkenan untuk memfasilitasi kegiatan magang bagi ASN Provinsi Sumatera Barat.

"Semoga melalui kegiatan magang ini dapat meningkatkan hubungan kolaborasi dan sinergitas antara Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur'', ucap Bunda Desniarti.

Kepada peserta magang, Bunda Desniarti berpesan agar dapat belajar dengan baik dan menggali informasi sebanyak mungkin agar dapat meningkatkan kompetensi diri dan berdampak terhadap kinerja di OPD masing-masing.

Selain itu, peserta yang mengikuti magang dengan baik dan sungguh-sungguh dan mempresentasikan hasil magang pada akhir kegiatan nantinya akan memperoleh sertifikat telah mengikuti magang dengan jumlah jam pelajaran sebesar 20 JP.

Sejalan dengan hal tersebut, Asisten Administrasi Umum Setda Jawa Timur menjelaskan bahwa peningkatan kualitas SDM merupakan kunci pembangunan nasional, diharapkan melalui SDM yang berkualitas maka pembangunan dapat berjalan dengan baik.

Salah satu peningkatan kualitas ASN atau kompetensi ASN adalah melalui kegiatan magang yang dilakukan oleh ASN Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Tentunya kegiatan ini merupakan menjadi wadah untuk bertukar pikiran sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi masing-masing.

"Mudah2an kegiatan ini dapat memberikan keberkahan bagi kedua belah pihak", ucap Akh. Jazuli.

Terakhir Akh. Jazuli mengucapkan selamat melaksanakan Magang Bagi ASN Provinsi Sumatera Barat di Provinsi Jawa Timur.