Jalin Sinergi dengan BRIN, Pemprov Sumbar Inisiasi Pembuatan Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit

Jalin Sinergi dengan BRIN, Pemprov Sumbar Inisiasi Pembuatan Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit

Berita Utama Rina Yuli Hefni, S.ST.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 28 Februari 2024 15:53:54 WIB


Lakukan inisiasi pembuatan Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat, Bustavidia, didampingi Kabid Inovasi dan Teknologi, serta Peneliti Balitbang, menyerahkan secara langsung sampel air nira yang dibawa langsung dari Nagari Sungai Aua Kabupaten Pasaman Barat untuk dilakukan uji laboratorium, sebagai Bahan Baku Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit kepada para Peneliti di Kantor Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Jakarta, Senin (26/02/2024).

Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut hasil kunjungan Tim Balai Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Provinsi Sumatera Barat, pada tanggal 23 Februari 2024 ke Nagari Sungai Aua Kabupaten Pasaman Barat tentang potensi Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit sebagai Peluang Penambahan Pendapatan Bagi Masyarakat Provinsi Sumatera Barat. 

Usulan untuk melakukan Riset terhadap Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit berasal dari Bappelitbangda Kabupaten Pasaman Barat yang langsung ditindaklanjuti oleh Balitbang Provinsi Sumatera Barat. 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Sumatera Barat, Bustavidia, dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa Balitbang Provinsi Sumatera Barat telah berkolaborasi dengan instansi terkait dalam melakukan Penelitian dan Pengembangan untuk mencarikan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapi oleh Organisai Perangkat Daerah (OPD) dan Kabupaten/ Kota di Provinsi Sumatera Barat.  

"Kami Balitbang Provinsi Sumbar dan Badan Riset dan Inovasi Nasional bekerjasama, bersinergi untuk melakukan riset dalam menemukan jawaban dari setiap permasalahan yang terjadi, dan tentunya kita carikan solusinya," kata Bustavidia. 

"Gula Merah dari  Batang Kepala Sawit ini memiliki potensi atau peluang nilai ekonomi yang cukup besar selain untuk membantu biaya hidup atau pendapatan bagi petani pada beberapa Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat," tambah Bustavidia. 

Sebagaimana kita ketahui, kelapa sawit merupakan salah satu komoditi hasil perkebunan yang mempunyai peran penting dalam kegiatan perekonomian di Indonesia dan beberapa Kabupaten di Provinsi Sumatera Barat. Kelapa sawit juga merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia yang cukup penting sebagai penghasil devisa negara sesudah minyak dan gas.

Banyaknya lahan perkebunan tanaman kelapa sawit yang sudah tidak menghasilkan atau istilahnya tanaman tidak menghasilkan (TTM) atau memasuki tahap replanting/peremajaan menjadi salah satu kekuatan bagi usaha industri rumah tangga gula merah dari nira kelapa sawit. Berdasarkan hal tersebut, Batang sawit dapat menghasilkan nira sawit untuk dijadikan gula merah yang memiliki nilai ekonomi. 

Terkait hal tersebut, Kepala Balitbang Provinsi Sumatera Barat meminta kepada BRIN untuk memfasilitasi Pengujian Laboratorium Sampel Air Nira dari Batang Kelapa Sawit pada Organisasi Riset terkait dengan tujuan sebagai berikut, mengetahui unsur zat yang terkandung dari cairan sampel tersebut.

Kemudian memastikan apakah Air Nira dari Batang Kelapa Sawit yang dijadikan bahan baku Gula Merah aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat serta mencarikan solusi kegagalan memproduksi gula merah dari bahan baku Air nira Batang Kelapa Sawit yang tidak dapat membeku setelah diolah.

Hasil pengujian sampel nanti nya akan dimanfaatkan untuk langkah-langkah memproduksi Gula Merah dari Batang Kelapa Sawit dan selanjutnya Balitbang Provinsi Sumatera Barat akan membawa sampel tersebut ke BPOM Padang untuk dilakukan pengujian layak atau tidaknya Gula merah tersebut di konsumsi oleh masyarakat luas.

Sementara itu, Erwin, selaku peneliti Ahli Madya BRIN, mengatakan bahwa BRIN menyambut baik kolaborasi ini. 

"Badan Riset dan Inovasi Nasional, sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar dan pastinya BRIN akan memfasilitasi uji laboratorium sampel ini guna mengetahui zat yang terkandung didalamnya. (EDW/RYH/DiskominfotikSumbar).