Bisa Cek Pendapatan dan Belanja APBD Realtime, Dashboard Pembangunan Sumbar Wujud Komitmen Keterbukaan Informasi Publik

Bisa Cek Pendapatan dan Belanja APBD Realtime, Dashboard Pembangunan Sumbar Wujud Komitmen Keterbukaan Informasi Publik

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 28 Februari 2024 17:03:28 WIB


Sadar sepenuhnya bahwa hak memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) sejak 2023 lalu telah menghadirkan situs yang bisa diakses publik terkait APBD Pemprov Sumbar tahun berjalan melalui dashboard.sumbarprov.go.id.

Melalui platform dashboard.sumbar.go.id, khalayak dapat memantau dan monitoring realisasi keuangan dan fisik serta pencapaian target kinerja Organisasi perangkat daerah di Provinsi Sumatera Barat, secara realtime. Termasuk juga paket pengadaan baik secara e purchasing, non purchasing maupun tender dan non tendering, serta hibah.

Selain itu juga juga terdapat rubrikasi berupa dashboard data analytics, indikator kinerja utama, indikator kinerja daerah, indikator kinerja program, program unggulan hingga capaian PK eselon II.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Sumbar, Siti Aisyah, menyebut keberadaan dashboard ini merupakan wujud komitmen badan publik untuk menyediakan dan melayani permintaan informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/ proporsional, dan cara sederhana.

"Dashboard monitoring ini menunjukkan keseriusan Pemprov Sumbar dalam hal mewujudkan good government dan clean government, yaitu dengan menampilkan data-data kinerja seluruh perangkat daerah secara realtime, by sistem,"ungkap Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Siti Aisyah, Rabu (28/2/2024).

"Melalui mekanisme dan pelaksanaan prinsip keterbukaan, akan tercipta kepemerintahan yang baik dan peran serta masyarakat yang transparan dan akuntabilitas yang tinggi sebagai salah satu prasyarat untuk mewujudkan demokrasi yang hakiki," tambah Siti Aisyah.(doa/Dinas Kominfotik Sumbar)