Tinjau Titik Lokasi Banjir Bandang Pessel, Ketua dan Pengurus DWP Sumbar Serahkan Bantuan

Tinjau Titik Lokasi Banjir Bandang Pessel, Ketua dan Pengurus DWP Sumbar Serahkan Bantuan

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 16 Maret 2024 23:32:38 WIB


Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Ny. Lina Hansastri bersama sejumlah pengurus DWP Sumbar turun langsung ke beberapa titik lokasi bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, untuk menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak, Sabtu (16/3/2024).

Langkah ini menurut Ny. Lina Hansastri, diambil sebagai wujud solidaritas sebagai sesama manusia untuk membantu meringankan beban dan kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak bencana banjir dan longsor.

"Semoga bantuan ini bermanfaat serta silaturahim dan solidaritas dapat terus terjaga," kata Lina, saat menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pesisir Selatan, Ny.Yunesti Rusma Yul Anwar, didampingi Ketua DWP Pessel Susi Mawardi, di Rumah Dinas Bupati Pessel.

Bantuan yang disalurkan tersebut berupa logistik sembako, makanan siap saji, kompor gas serta pakaian untuk meringankan beban keluarga terdampak banjir.

Usai penyerahan bantuan secara simbolis, rombongan bertakziah ke salah satu rumah masyarakat yang kehilangan dua anggota keluarganya saat terjadi banjir, di kawasan Rawang, Painan.

Selanjutnya rombongan bertolak ke Nagari Bungo Pasang yang menjadi salah satu lokasi yang cukup parah terkena banjir bandang. Di nagari ini, rombongan menyaksikan satu unit musholla serta satu unit rumah yang tinggal puing saja akibat hanyut terbawa banjir.

Salah satu rumah yang rusak parah diterjang banjir adalah rumah milik Syafri Doni, suami dari Feni Lavenia. Rumahnya yang merupakan rumah bantuan program bedah bantuan stimulan perumahan swadaya, dari BMCKTR Provinsi Sumbar hanyut dibawa banjir bandang sehingga hanya menyisakan sebagian kecil dinding saja. 

Feni menceritakan kepada Ny. Lina Hansastri serta pengurus DWP lainnya betapa mencekamnya suasana pada malam kejadian banjir tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa, karena ketika banjir datang, keluarga segera keluar rumah dan lari ke rumah kerabat. 

Feni berharap uluran tangan pemerintah maupun donatur karena hingga saat ini Feni dan anak-anaknya kehilangan tempat tinggal dan masih menumpang di rumah kerabatnya.

Ketua DWP Sumbar berharap dengan upaya kolaboratif antara Pemda, lembaga sosial, dan seluruh relawan diharapkan dapat membantu memulihkan kembali kondisi seperti semula, serta bisa memberikan dukungan penuh kepada mereka yang membutuhkan di masa sulit ini.

Sebagai informasi, DWP Sumbar saat ini membuka penggalangan donasi maupun bantuan lainnya yang bermanfaat bagi warga terdampak bencana banjir dan longsor di Pessel.(doa/Diskominfotik Sumbar)