Kunjungi Masjid Agung Ashliyah, Sekdaprov Hansastri Paparkan Program Unggulan Sumbar

Kunjungi Masjid Agung Ashliyah, Sekdaprov Hansastri Paparkan Program Unggulan Sumbar

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 17 Maret 2024 11:48:45 WIB


Padang Panjang, - Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Hansastri, beserta Tim Safari Ramadhan (TSR), mengunjungi Masjid Agung Ashliyah di Kecamatan Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang pada hari Sabtu (16/03/2024).

Dalam rangka silaturahmi dengan warga Padang Panjang, Sekdaprov Hansastri menyampaikan beberapa program unggulan yang telah dijalankan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

"Safari Ramadhan ini adalah ini adalah kegiatan rutin dalam rangka silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat, juga sekaligus untuk menyampaikan program-program pembangunan yang tengah dijalankan Pemprov," ujar Sekdaprov Hansastri.

Diantaranya program pencanangan gerakan tanam cabe guna menahan laju inflasi dan pemberian bantuan cadangan pangan beras bagi masyarakat terdampak erupsi gunung Marapi. Sekdaprov Sumbar juga menyampaikan program pembangunan yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Pemprov Sumbar, utamanya di bidang pendidikan, pertanian dan pengembangan UMKM.

Hansastri mengungkapkan bahwa lebih dari 30% anggaran pendapatan dan belanja daerah dialokasikan untuk sektor pendidikan, sementara untuk sektor pertanian dialokasikan pula anggaran setidaknya sebesar 10% dari APBD Sumbar.

"Anggaran ini diberikan pada lebih dari 200 ribu siswa dan 15 ribu guru di 380 sekolah, serta 57% masyarakat kita yang berusaha di bidang pertanian," jelas Hansastri.

Selain itu, program peningkatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga menjadi fokus pemerintah, dengan program unggulan 100 ribu Milenial Entrepreneur yang telah melatih 112 ribu entrepreneur muda di berbagai kabupaten/kota.

"Program pembangunan juga mencakup distribusi bantuan sosial bagi daerah terdampak bencana banjir dan longsor yang belum lama ini melanda Sumatera Barat. 5 daerah tanggap darurat telah menerima bantuan dengan total bantuan pangan mencapai 388 ton senilai 4.5 miliar rupiah," terang Sekdaprov.

Lebih lanjut dalam kesempatan Safari Ramadhan itu, Hansastri juga menerima aspirasi dari masyarakat setempat. Salah satunya berupa proposal untuk pengembangan masjid senilai Rp. 50 juta. Hal ini tentunya juga selaras dengan salah satu program unggulan Gubernur Mahyeldi, yaitu Dukungan peningkatan sarana dan prasarana serta bantuan operasional bagi kegiatan keagamaan.

Di akhir acara Hansastri menyerahkan bantuan sejumlah mushaf Alquran dan perangkat ibadah yang diterima oleh pelajar setempat dan pengurus Masjid Agung Ashliyah Padang Panjang.

Turut mendampingi Hansastri pada kegiatan Safari Ramadhan di Padang Panjang tersebut, Kepala BPKAD Sumbar Rosail Akhyari, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Jumadi, PJ Sekretaris Daerah Kota Padang Panjang Winarno, serta jajaran Tim Safari Ramadan Prov. Sumbar dan Kota Padang Panjang lainnya.

 

(Diskominfotik Sumbar)