Ikuti apel siaga pasokan dan harga pangan, Wagub Audy sebut harga dan inflasi di Sumbar stabil jelang lebaran

Ikuti apel siaga pasokan dan harga pangan, Wagub Audy sebut harga dan inflasi di Sumbar stabil jelang lebaran

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 01 April 2024 13:26:33 WIB


Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Audy Joinaldy mengatakan Sumbar sebagai salah satu provinsi produsen dan lumbung pangan di Sumatera bagian Tengah, jelang lebaran idul fitri tahun ini diprediksi akan mengalami stabilisasi harga pangan.

Optimisme tersebut disampaikan wagud saat sesi diskusi dengan Irjen Kemendagri Tomsi Tohir, pada Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idulfitri 2024, yang diikuti wagub secara daring dari Tua Pejat, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Senin (1/4/2024).

"Biasanya harga di Kepulauan Mentawai lebih tinggi daripada harga di daratan. Tapi Alhamdulillah minggu ini Sumbar sebagai salah satu produsen dan lumbung pangan Sumatera Tengah, baik tanaman pangan, hortikultura dan produsen telur nomor 7 di Indonesia, sejauh ini harga terkendali dan normal,"ujar wagub Audy yang didampingi Pj Bupati Mentawai, Kepala OPD Pemprov Sumbar, serta Forkopimda Kepulauan Mentawai.

"Cabe merah misalnya, saat ini berkisar pada harga 40-60 ribu dan harga di kabupaten kota juga terkendali dan insyaallaah di lebaran ini Sumatera Barat inflasi tetap baik dan terkendali,"sambungnya.

Capaian Sumbar dalam pengendalian harga dan pengamanan pasokan tersebut mendapat apresiasi dari Irjen Kemendagri Tomsi Tohir.

"Luar biasa pak wagub. Kalau cabe dapat teratasi berarti harga yang lain dapat teratasi, untuk Sumatera Barat,"kata Tomsi.

Diakhir diskusi Wagub juga tidak lupa mempromosikan Kepulauan Mentawai sebagai satu diantara lokasi surfing terbaik dan terindah di dunia.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyebut bahwa sebagian besar harga pangan cenderung mulai turun khususnya di daerah Pulau Jawa dan Sumatera, menjelang Lebaran 2024/Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Kita syukuri hari ini sudah masuk ke-21 bulan Suci Ramadhan, Alhamdulillah harga-harga (pangan) cenderung turun sebagaimana tadi disampaikan oleh Plt BPS,” kata Zulkifli Hasan yang akrab disapa Zulhas, saat Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan jelang Idul Fitri 2024 yang digelar Badan Pangan Nasional, di Gudang Bulog, Jakarta.

Meski demikian, Mendag tetap menghimbau kepala daerah agar mewaspadai lonjakan harga-harga yang terlalu tinggi menjelang lebaran karena tinggi permintaan.

Dalam apel siaga tersebut, Mendag secara simbolis menyerahkan bantuan bahan pangan kepada masyarakat kurang mampu serta melepas mobil pangan.(doa/Diskominfotik Sumbar)