Diikuti 225 Gerai UMKM, Wagub Sumbar Buka Bazar Ramadhan 1445 H

Diikuti 225 Gerai UMKM, Wagub Sumbar Buka Bazar Ramadhan 1445 H

Berita Utama Rina Yuli Hefni, S.ST.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 01 April 2024 22:34:32 WIB


Padang - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, membuka secara resmi Bazar Ramadhan 1445 H yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat di Halaman Kantor Gubernur, Senin, (01/04/2024).

Kegiatan Bazar Ramadhan tahun ini diikuti sebanyak 225 gerai, yang menjual aneka produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sumbar, seperti kuliner, sembako, produk fashion, aksesoris, kerajinan tangan,  perlengkapan shalat, dan kebutuhan lain.

Dalam sambutannya Wagub Audy  menyampaikan, kegiatan ini adalah bagian dari upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk masyarakat bisa memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang masuk akal, serta menggerakkan UMKM masyarakat Sumbar.

"Inilah kesempatan UMKM kita untuk menggerakkan ekonomi, menumbuhkan pertumbuhan ekomoni, dan juga kesempatan perbankan untuk menyaring UMKM yang mumpuni biar bisa naik kelas agar bisa growing," kata Wagub Audy

Pada kesempatan itu Wagub Audy juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerjasama dalam pelaksanaan Bazar Ramadhan 1445 H.

"Terima kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan yang berkolaborasi dengan Dinas Pangan serta semua pihak yang membantu terlaksananya Bazar Ramadhan kali ini, mudah-mudahan membawa keberkahan kepada kita semua," ucapnya.

Sementara itu dalam laporannya Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Novrial, menyampaikan bahwa tujuan Bazar Ramadhan 1445 adalah memberikan informasi real harga bahan pokok dan memberikan peluang kepada Industri Kecil Menengah (IKM) menampilkan karyanya untuk dinikmati oleh masyarakat Sumatera Barat.

"Kegiatan ini ditujukan yang pertama sekali  memberikan informasi harga, khususnya bahan pokok yang sesuai dengan kondisi sebenarnya, tidak ada mekanisme pasar disini , karena kita didukung oleh para distributor, oleh kawan-kawan pedagang skala besar yang menjual bahan pokok dengan harga yang sebenarnya, selain itu juga memberikan peluang kepada IKM kita untuk menampilkan hasil-hasil karyanya untuk dinikmati dan dibeli oleh seluruh lapisan masyarakat," ungkap Novrial.

Bazar Ramadhan 1445 H akan dilaksanakan selama 4 hari, dimulai dari tanggal 01 s/d 04 April 2024. Dalam pembukaan Bazar Ramadhan juga diisi dengan fashion show karya Ema Yohana yang menampilkan peragaan busana muslim khas Sumatera Barat.

Hadir pada pembukaan bazar tersebut, Ketua DW Persatuan Prov. Sumbar, Ketua Dekranasda Kab/Kota, Ketua BKOW Prov. Sumbar, Pimpinan Bank Nagari, Pimpinan Bank Indonesia dan beberapa Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumbar. (RYH/DiskominfotikSumbar)