Sekdaprov Hansastri Pastikan Kesiapan Sumbar Sambut Pemudik

Sekdaprov Hansastri Pastikan Kesiapan Sumbar Sambut Pemudik

Berita Utama Algamar Arif Safitra, S.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 04 April 2024 21:24:57 WIB


Sekdaprov Sumbar Hansastri memastikan seluruh persiapan jelang Idul Fitri 1445 H di Sumatera Barat sudah dimatangkan. 

Ketersediaan bahan pangan, BBM, kelancaran lalu lintas mudik, posko pengamanan, pos pelayanan khusus kesehatan, serta UGD puskesmas sudah diaktifkan. Demikian pula dengan kenyamanan pemudik dan wisatawan selama libur lebaran tak luput dari perhatian Pemprov Sumbar.

Hal tersebut disampaikan Hansastri pada jumpa pers info mudik yang digelar Diskominfotik Sumbar di Padang, Kamis (4/4/24).

"Semua persiapan sudah on the track sesuai arahan Gubernur Mahyeldi," ungkap Hansastri.

Tak hanya itu, pemerintah juga meningkatkan kewaspadaan terhadap force majeure yang bisa saja terjadi, seperti kemungkinan terjadinya banjir dan longsor akibat curah hujan tinggi, maupun aktivitas Gunung Marapi yang dapat berdampak pada gangguan penerbangan.

"Penerbangan jelang Idul Fitri cukup padat, mencapai 90 penerbangan per hari. Oleh karena itu, kita mewaspadai erupsi Gunung Marapi yang dapat mengganggu kelancaran transportasi udara melalui beberapa alternatif yang sudah dipersiapkan," ujarnya.

Sementara untuk kelancaran transportasi darat, Pemprov Sumbar bersama Ditlantas Polda Sumbar telah memetakan titik kemacetan, serta melakukan evaluasi penerapan jalur one way angkutan lebaran agar lebih optimal.

Diterangkan Kadishub Sumbar Dedy Diantolani, tahun ini dilakukan perubahan skema jalur one way. Dimana pada tanggal 7-9 April diberlakukan rute Padang - Bukittinggi via Padang Panjang dan Bukittinggi - Padang via Malalak. Sedangkan pada tanggal 11-15 April diberlakukan rute Padang - Bukittinggi via Malalak dan Bukittinggi - Padang via Padang Panjang. Alternatif menuju jalur one juga telah disiapkan.

"Tanggal 10 April atau pada hari H tidak diberlakukan one way, tapi petugas di pos terpadu tetap disiagakan," terang Dedy.

Melanjutkan keterangan Kadishub, Kepala Dinas Kominfotik Sumbar Siti Aisyah menjelaskan informasi mengenai pemberlakuan jalur one way, maupun informasi seputar mudik lebaran lainnya telah disosialisasikan kepada masyarakat melalui berbagai media.

"Sudah disosialisasikan dan juga disiapkan kanal informasi mudik real time secara digital, yang disebarkan ke masyarakat melalui SMS gateway dan media lainnya," kata Siti Aisyah.

Lebih lanjut ia menerangkan, masyarakat dapat memperoleh informasi mudik melalui akses ke website https://s.id/mudiksumbar. Website info mudik ini menyediakan informasi mengenai lalu lintas mudik, lokasi posko lebaran, fasilitas umum terdekat, prakiraan cuaca, info pariwisata, hingga kontak hotline pengaduan dan nomor penting lainnya.