Pemprov Sumbar Gelar Shalat Id di Halaman Kantor Gubernur 

Pemprov Sumbar Gelar Shalat Id di Halaman Kantor Gubernur 

Berita Utama Dedi Oscar Adams, M.I.Kom.(DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN STATISTIK) 09 April 2024 10:28:59 WIB


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan melaksanaan shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di halaman kantor gubernur dan menyiapkan Masjid Raya Sumbar sebagai lokasi alternatif jika cuaca buruk. 

Waktu pelaksanaannya menurut Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar, Al Amin, menunggu keputusan dari pemerintah. 

“Untuk waktu kita masih menunggu penetapan dari sidang isbat Kementrian Agama. Kita perkirakan akan bertepatan pada Rabu 10 April 2024,” ungkap Al Amin, Senin (8/4). 

Pelaksanaan salat akan dimulai pada pukul 07.30 WIB dipimpin Muhammad Fathoni, SIQ, S.Ag. sebagai imam. Sebagai khatib adalah Wakil Ketua DPRD Sumbar sekaligus pimpinan Perguruan Ar Risalah Padang, H. Irsyad Syafar, Lc., M.Ed. 

Untuk persiapan tersebut, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar meminta semua kantor yang berada di Jalan Sudirman untuk membuka pagarnya saat hari lebaran. Permintaan itu guna memudahkan jamaah shalat Id untuk parkir kendaraan. 

“Kita minta pada pengelola kantor di sepanjang Jalan Sudirman agar membuka pagar. Karena kita akan menggunakan jalan Sudirman untuk shalat,” ujarnya. 

Untuk memudahkan jamaah berwuduk, panitia juga menyediakan mobil tangki air dari Perumda Air Minum Kota Padang dan BPBD Sumbar. Tangki itu akan ditempatkan pada beberapa titik. 

“Selain membuka pagar, kita meminta juga membuka toletnya agar dimanfaatkan jamaah,”pintanya. 

Al Amin menghimbau jamaah dapat datang lebih awal. Karena dengan perkiraan pelaksanaan salat Idul Fitri serentak, jamaah di halaman Kantor Gubernur Sumbar akan membludak. 

“Kita perkirakan jamaah akan cukup ramai. Perkiraan kita tahun ini salat Idul Fitri serentak. Maka akan membludak,”ujarnya.(mk/doa/Diskominfotik Sumbar)