DISPORA SUMBAR GELAR KEGIATAN” PEMBINAAN GUDEP PILOT PROJECT SIAGA BENCANA”

Berita Utama () 30 Mei 2014 03:37:09 WIB


  KAYUTANAM,...Dinas Pemuda dan Olahraga ( Dispora ) Provinsi Sumatera Barat melalui Bidang Pengembangan Pemuda, Seksi Kepanduan gelar kegiatan “Pembinaan Gudep Pilot Project Siaga Bencana” tanggal 9 sampai 11 Mei 2014 di INS Kayu Tanam jalan Lintas Padang- Bukittinggi.

Menurut penanggung jawab kegiatan Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Drs. H. Afrizal Muchtar, M.Pd menyatakan, kegiatan ini dilaksanakan merupakan bentuk kepedulian serta sebagi implementasi dan kewenangan pemerintah dalam upaya pengembangan kepramukaan di Sumatera Barat, dan juga bentuk kepedulian anggota Gerakkan pramuka dari berbagai daerah atas berbagai bencana alam yang sering terjadi.

Namun katanya, kepedulian itu bukan saja dilakukan saat bencana datang saja, tetapi lebih dari itu juga tanggap mempersiapkan diri, dengan memberikan edukasi kepada masyarakat luas tentang bencana, dan cara- cara mengurangi serta menghadapi bencana itu bila datang.

“ Kita berharap kegiatan ini tidak saja diprogramkan ditingkat pusat, tetapi hendaknya juga dapat disingkronisasikan dengan kegiatan Daerah,’’ ungkap Afrizal Muchtar.

Sementara ketua pelaksana Kepala Seksi Kepanduan Dispora Sumbar Ir. Amrilsyah menerangkan, peserta dari kegiatan ini berjumlah 70 orang, 4 putera dan 4 puteri dari masing- masing utusan 7 Kwartir cabang Gerakan Pramuka serta 2 orang 1 putera dan 1 puteri dari Relawan Muda Indonesia ( RMI ) se- Sumatera Barat.

Sedangkan lanjutnya, materi yang disampaikan pada kegiatan ini antara lain, program kerja Dispora Sumbar oleh Kadispora, keterampilan pramuka dalam aktifitas siaga bencana oleh Ketua Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumatera Barat serta SAR dan Simulasi Kesiagaan bencana oleh, tim BPBD Sumbar.

“ dengan kegiatan ini kita yakin akan tercapai tujuan untuk meningkatkan, keterampilan, dan ketangkasan Pramuka Penegak dan ( RMI ) dalam menghadapi bencana, serta terbentuknya satuan pramuka peduli yang berbasis Gugus Depan Sekolah,’’ tutur Amrilsyah.( M/H )