Makanan yang dilarang saat berkendaraan

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 21 April 2014 00:03:30 WIB


Peringatan bagi anda yang suka makan saat sedang mengemudi. Sebuah perusahaan asuransi otomotif ternama di Amerika Serikat (AS) Hagerty Classic Insurance baru-baru ini memperketat peraturan asuransinya karena banyaknya kecelakaan yang terjadi akibat pengendara mengkonsumsi minuman alkohol dan makanan saat berkendara.


Makan atau minum saat menyetir menjadi salah satu penyebab kecelakaan tertinggi di AS. Lembaga nasional keselamatan jalan AS atau National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) yang bekerjasama dengan Virginia Tech Transportation Institute baru-baru ini melakukan sebuah studi mengenai kebiasaan makan dan minum saat menyetir.

Sekitar 80% kecelakaan dan 65% kasus hampir terjadi kecelakaan diakibatkan kecerobohan saat menyetir akibat makan dan minum.

"Makan menjadi gangguan terhadap konsentrasi pengendara saat menyetir karena menimbulkan masalah yang mengkombinasikan situasi yang tak terduga sehingga saat pengemudi di depan berhenti mendadak, kecelakaan tidak dapat terhindarkan," ungkap NHTSA dalam keterangan resminya.

Berikut 10 makanan/minuman berbahaya versi INSURANCE.COM:

Kopi
Meski kopi ditaruh ditempat khusus gelas/botol, kopi akan tetap tumpah atau cairan kopi pasti akan keluar dari lubang atau tutup gelas yang tidak rapat. Hal ini akan menyebabkan konsentrasi pengendara pecah karena muncul niat untuk membersihkan tumpahan kopi tersebut.

Sop panas (Hot soup)
Sop sama saja dengan kopi karena tumpahannya akan memecah konsentrasi pengemudi.

Tacos

Makanan khas Meksiko ini sama saja dengan keripik singkong di Indonesia. Siapapun yang menyantapnya menimbulkan hasrat untuk menghabiskan makanan tersebut sehingga bisa berbahaya saat menyetir karena menghilangkan konsentrasi saat mengemudi.

Chili dog atau hotdog
Hotdog memiliki potensi sosis yang berada di antara roti jatuh atau bergeser saat dimakan. Selain itu tumpahan saus tomat atau saus sambal akan jatuh ke baju atau celana pengendara yang kemudian membuat pengendara ingin membersihkan tumpahan tersebut.

Hamburger
Hamburger sama berbahayanya dengan hot dog karena tumpahan saus tomat atau sau sambal akan mengotri stir atau pakaian pengemudi.

Makanan dibakar (Barbecue food)
Makanan bakar atau di Indonesia biasa disebut sate memang sangat mengganggu pengendara terutama saat saus kacangnya tumpah atau menetes ke pakaian. Selain itu, biasanya pengendara juga ingin menghabiskan saus kacang sampai habis terutama yang melumuri jari sehingga ingin membersihkannya dengan lidah,

Ayam goreng (Fried chicken)

Saat mengkonsumsi ayam goreng biasanya remah-remah tepung akan mengotori pakaian pengendara sehingga membuat konsetrasi pengemudi terpecah untuk membersihkannnya.

Donat isi
Donat yang memiliki bemacam-macam rasa biasanya tidak memiliki lubang di tengahnya. Donat isi biasanya mudah menumpahkan isinya saat dimakan. Isi donat ini dapat mengotori pakaian pengemudi sehingga memcah konsentrasi pengemudi untuk membersihkannya.

Minuman ringan/soda (Soft drink)

Minuman ringan yang mudah dibawa-bawa saat berkendara adalahh yang dikemas dalam kaleng. Minuman ringan kemasan kaleng yang sedang dikonsumsi tidak memiliki tutup sehingga dari lubang minuman kaleng berpotensi untuk tumpah saat mobil berguncang.

Cokelat – Cokelat
Identik dengan lengket. Coklat sangat mudah menempel dengan benda apapun termasuk stir kemudi yang biasanya lengket karena jari-jari si pengemudi yang mengkonsumsi cokelat.
Jadi, apakah anda masih ingin makan atau minum saat berkendara? Sebaiknya anda menepi atau berhenti untuk makan atau minum karena makan atau minum memang harus di atas meja.

Sumber:INSURANCE.COM