SUBUH MUBARROKAH DPKD PROVINSI SUMATERA BARAT

TERAS SUMBAR () 14 Juli 2014 05:29:30 WIB


Dalam rangka peningkatan pengetahuan agama karyawan dan karyawati DPKD Provinsi Sumatera Barat, maka hari Rabu tanggal 18 Juni 2014 diselenggarakan pengajian agama di lapangan kantor DPKD Provinsi Sumatera Barat yang dimulai pada pukul 06.00 WIB.

Sebagai penceramah pada pengajian tersebut adalah Gubernur Sumatera Barat  bapak Irwan Prayitno. Selain dihadiri oleh karyawan/karyawati DPKD Provinsi Sumatera Barat, pengajian juga dihadiri oleh Majelis Taklim masjid dilingkungan kantor DPKD Provinsi Sumatera Barat.

Materi ceramah yang disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat adalah tentang hal-hal yang keseharian ditemui dalam kehidupan yang pada dasarnya dapat  diupayakan sebagai ibadah kepada Allah Yang Maha Kuasa.

  1. SEBAIK BAIK MANUSIA ADALAH MANUSIA YANG BERMANFAAT BAGI ORANG LAIN

Salah satu tanda bahwa manusia itu bermanfaat bagi orang lain adalah orang akan merasakan kehilangan jika dia tidak ada dan orang akan merasa terbantu jika orang tersebut ada. Namun sebaliknya apabila ada dan tiada seseorang tersebut tidak memberikan arti bagi lingkungannya maka hal itu adalah indikasi bahwa orang tersebut belum dapat memberikan manfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitaranya.

Upaya dasar yang dapat dilakukan untuk menjadikan diri bermanfaat adalah rasa saling menghargai dan menghormati. Dalam lingkungan keluarga, saling menghormati antara suami dan istri, anak dan orang  tua adalah sikap terpuji yang dapat menciptakan suasana dan keinginan untuk selalu dapat melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Untuk lingkungan yang lebih luas, membuang duri dari jalan, saling tegur sapa, saling memberikan senyum, saling menjawab salam dan masih banyak hal-hal sederhana lainnya yang dapat dilakukan dalam upaya menjadi manusia yanb baik.  

  1. MENJAGA  KEBERSIHAN DAN LINGKUNGAN

Kebersihan adalah sebahagian dari iman. Kebersihan yang dimaksudkan dalam islam bukan hanya kebersihan dalam bentuk fisik yang dapat dilihat seperti kotor, tidak rapi, dan lain lain. Namun yang tidak kalah pentingnya adalah kebersihan hati dan jiwa dari penyakit-penyakit hati seperti dengki, iri, gelisah, sombong, cemburu dan lain sebagainya.

Lingkungan sekitar memberikan kehidupan bagi manusia. Oleh karena itu perlu dijaga dan dilestarikan. Menjaga lingkungan dan menjaga kebersihan adalah dua hal yang saling berkaitan satu dan lainnya

Islam menyuruh untuk selalu menjaga kebersihan karna sangat banyak dampak tidak baik dari melalaikan kebersihan. Membiarkan lingkungan kotor berdampak tidak baik bagi kesehatan.  Mengabaikan kelestarian lingkungan bahkan dapat mengancam keselamat jiwa. Pembabatan hutan, dapat mengakibatkan banjir, longsor, kekeringan. Dalam lingkup yang lebih besar mengakibatkan ketidak seimbangan iklim, pemanasan global, perubahan iklim yang ekstrim yang keseluruhannya dapat mempengaruhi kehidupan manusia.

Banyak upaya-upaya yang sederhana dan kecil namun berdampak besar terhadap kebersihan dan  pelestarian lingkungan. Membuang sampah pada tempatnya, menghindari terjadinya genangan air, menanam kembali hutan yang gundul, serta sentiasa secara teratur menjaga kebersihan adalah beberapa hal yang dapat dilakukan.

Untuk menjaga kebersihan jiwa dari penyakit-penyakit hati seperti diuraikan tadi adalah senantiasa melakukan istigfar kepda Allah dan mohon diberikan petunjuk.

Acara Subuh Mubarokah DPKD Provinsi Sumatera Barat akan ditayangkan dalam Bulan Ramadhan melalui Padang TV pada pukul 18.00 WIB.