RAPAT PERSIAPAN PELAKSANAAN WORKSHOP OPTIMALISASI PEMANFAATAN PRODUK KELAPA RAKYAT DINAS PERKEBUNAN PROVINSI SUMATERA BARAT TAHUN 2014

Berita Utama () 05 Agustus 2014 07:45:04 WIB


Dalam rangka persiapan pelaksanaan kegiatan Workshop Optimalisasi Pemanfaatan Produk Kelapa Rakyat Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat Tahun 2014 melaksanakan rapat antara Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat dengan Dewan Kelapa Sumatera Barat untuk merumuskan bentuk kegiatan yang akan diadakan. Adapun peserta rapat adalah dari akdemisi Fakultas Unand , Dinas Koperasi dan UKM, Pelaku Usaha, serta Humas dan dokumentasi. Dalam sambutan Kepala Dinas Perkebunan Ir Fajarudin mengatakan bahwa acara ini dilaksanakan sebagai sumbangsih Dinas Perkebunan kepada petani kelapa dalam rangka memberikan pengetahuan yang mencangkup pada aspek budidaya, pasca penen, pemasaran, dan kelembagaan. Semoga dengan terangkatnya acara ini dapat meningkatan pengetahuan petani sehingga dapat meningkatkan hasil serta dapat mengembangkan kemajuan perkelapan di Sumatera Barat. Sumatera Barat adalah termasuk daerah sentra pengembangan kelapa dimana rata-rata pertumbuhan kelapa setiap tahun rata-rata 200 Ha dimana untuk tahun 2012 luas kelapa telah mencapai 91.885 Ha. Untuk pengembangan perlu adanya kerja sama antara Dinas Perkebunan dan Dewan Kelapa baik pusat maupun Sumbar dalam memajukan pembangunan perkelapaan di Provinsi Sumatera Barat.

                Rapat dipimpin oleh Ketua Dewan Kelapa Provinsi Sumatera Barat Prof Dr Ir Isrril Berd, SU bersama anggota sebagai perumus pelaksanaan kegiatan yang didampingi oleh Dinas Perkebunan sebagai pelaksana kegiatan. Dari rapat dihasilkan bahwa acara akan dilaksanakan pada tanggal 28 s/d 29 Agustus di Mercure Hotel serta kunjungan lapangan ke Kabupaten Padang Pariaman. Adapun tema yang akan diangkat adalah peluang dan tantangan perkelapaan di Sumatera Barat dengan menghadirkan narasumber dari Ditjenbun, Balitka (Balai Penelitian Kelapa), Pelaku kelapa dari Yogyakarta, Dewan Kelapa Indonesia (Depindo), Dewan Kelapa Sumatera Barat dan salah satu Kelompok berhasil. Peserta yang akan diundang berjumlah sekitar 75 s/d 85 orang.