Perkemahan Pramuka Madrasah Membumi Di Bendung Panti Rao

Berita Utama () 19 Agustus 2014 01:47:46 WIB


Pasaman,-----Perkemahan pramuka Madrsah Tingkat Sumatera Barat membumi di Bendung Panti Rao Kabupaten Pasaman. Sebanyak 1500 lebih peserta mengikuti perkemahan dan di tambah dengan pelatih dan pembimbing ikut bersuka ria.

Wakil Gubernur Sumatera Barat usai membuka acara tersebut sangat membaur dengan peserta Perkemahan, hal ini menjadi perhatian pula bagi masyarakat yang menyaksikan acara pembukaan yang sangat meriah.

“ pramuka mendidik anak bangsa mandiri beriman dan bertaqwa, kedepan generasi muda penentu pembangunan karenanya kita persiapkan generasi muda rangka mengisi pembangunan melalui ke pramukaan kita wujudkan generasi yang berkualitas dan bermanfaat serta mengembangkan kreasinya” ucap Muslim Kasim ketika membuka Perkemahan Pramuka Madrasah Tingkat Sumatera Barat di Panti Rao Pasaman, Senen sore (11/8).

Ditambahkannya, pramuka merupakan gerakan kepanduan menyiapkan kader bangsa yang berkualitas pemerintah provinsi juga memberi apresiasi ke Kamenag Provinsi dan Kabupaten/kota yang telah menyelenggarakan perkemahan ini.

Jadi, pemda kabupaten dan kota wajib memberi dukungan pada gerakan pramuka dengan menyediakan anggaran di APBDnya masing-masing. Ujar Wagub.

Dalam perkemahan ini banyak pula lomba yang di lakukan oleh peserta  seperti kotbah Jum’at, cerdas cermat, ketangkasan dan sebagainya. Hal ini bukan mencapai juara akan tetapi bagaimana kegiatan ini menjadi perekat, adanya rasa persaudaraan sesama peserta yang terdiri dari 19 kabupaten/kota di sumatera barat.

Wagub Muslim Kasim juga mengingatkan siswa Madrasah juga harus terbebas dari tawuran, narkoba, pergaulan bebas, perbuatan itupun bukan seorang jiwa ke pramukaan. Melalui acara ini dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan peserta dalam membentuk karakternya.

Hadir pada kesempatan itu, Kamenag Provinsi Sumatera Barat Syahrul Wirda, Bupati Pasaman Benny Utama, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Pasaman, Kamenag Kabupaten dan Kota Se Sumatera Barat,  Syafei Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, H.M Syafei Zainuddin Tokoh pramuka nasional pelaku sejarah penyerahan pandu menjadi gerakan pramuka 14 Agustus 1961 di istana merdeka Jakarta.

Bupati Pasaman Benny Utama menyampaikan, bendung Panti Rao merupakan pembangunan yang bersejarah di daerah ini, dan pemerintah provinsi setiap tahun mengalokasikan anggarannya, tentunya setiap saat selalu kita jaga.

Kita di Pasaman selalu memanfaatkan lokasi amparan bendung panti rao sebagai tempat kegiatan termasuk perkemahan pramuka madrasah tingkat Sumatera Barat tahun 2014. Kedepan bagaimana di lokasi bendung panti rao dapat pula menjadi daya tarik tersendiri sehingga menjadi tujuan wisata di daerah ini. Pemerintah kabupaten Pasaman tentu juga berkoordinasi dengan Provinsi yaitu PSDA, ujarnya.

Kanwil Kamenag Provinsi Sumatera Barat Syahrul Wirda mengatakan, perkemahan pramuka yang di adakan di bendung panti rao punya strategis sekali.  Kita dapat memperkenalkan daerah dan mengetahui karakter daerah masing masing.

Perkemahan Pramuka tahun ini berbagai aktivitas serta kreativitas yang menyenangkan, membentuk kemandirian, persaudaraan sesama peserta.

“ melalui kemah pramuka madrasah kita tingkatkan keterampilan siswa, memupuk rasa persaudaraan rasa setanah air dan bela negara” ujar Syahrul Wirda.

(Humas Sumbar)