PEMERINGKATAN E-GOVERNMENT INDONESIA (PeGI) TAHUN 2014

Berita Utama () 15 September 2014 03:21:18 WIB


 

Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) adalah kegiatan tahunan Kementerian Komunikasi dan Informasi Indonesia untuk mendapatkan pemetaan, data dan informasi tentang implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di seluruh provinsi di Indonesia.

Komponen pemeringkatan yang dijadikan fokus oleh para aksesor adalah sebagai berikut :

  1. Kebijkanan
  2. Kelembagaan
  3. Infrastruktur
  4. Aplikasi
  5. Perencanaan

Aksessor dalam pemeringakatan ini tahun ini terdiri dari unsur-unsur BPPT, Kementerian Komunikasi dan Informasi serta dari Universitas Indonesia.

 Provinisi Sumatera Barat sudah mengikuti PeGI sebanyak tiga kali yaitu pada tahun 2011 pada peringakat 23 dari 25 peserta, tahun 2012 pada peringakat 14 dari 30 peserta dan pada tahun 2014 ini diharapkan terjadi perbaikan peringkat seiring dengan semakin banyaknya implementasi TIK di Provinsi Sumatera Barat. Informasi lengkap tetangga aktivitas Kegiatan PeGI tersedia dalam website http://pegi.layanan.go.id/.

 Mekanisme pelaksanaan PeGi diawali dari presentasi setiap provinsi tentang implementasi TIK di provinisi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, konfirmasi data pendukung serta penyampaian kesimpulan sementara.

 Untuk provinsi Sumatera Barat, para aksesor mengkritisi satu point penting yaitu tentang keberadaaan institusi yang menjadi koordinator pengembangan TIK di Provinsi Sumatera Barat. Selama ini dinilai fungsi koordinator TIK Provinsi Sumatera Barat belum berjalan dengan baik, belum memiliki Rencana Umum Pengembangan TIK, terjadi fungsi ganda koordinasi implementasi TIK antara Biro Humas dan Dinas Perhubungan dan Informatika.

Dampak lain dari belum berjalannya koorodinasi TIK dengan baik maka pengembangan TIK berjalan secara parsial pada beberapa SKPD, sinkronisasi TIK belum maksimal dan kurangnya tenaga SDM bidang IT.

Hasil pemeringkatan serta rekomendasi atas solusi masalah yang dihadapi akan disampaikan secara resmi oleh Kementrian Komunikasi dan Informasi ke pada setiap daerah.

( Kabid SI )