Pelajar Pelopor, Motivator Keselamatan Lalu Lintas

Berita Utama Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 24 September 2014 04:18:26 WIB


Padang – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Barat terus mengupayakan kepedulian masyarakat dalam hal keselamatan lalu lintas & angkutan jalan. Sejak 22 September lalu, Dishub Kominfo Provinsi Sumatera Barat mengadakan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2014. Kegiatan yang dilakukan dari tanggal 22 September hingga 26 September bertempat di Hotel Padang tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya generasi muda dalam mematuhi peraturan lalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan lalu lintas.

Pemilihan Pelajar Pelopor Tingkat Provinsi Sumatera Barat ini diikuti oleh 30 orang siswa dan siswi SMA/SMK sederajat dari beberapa Kabupaten/Kota di Sumatera Barat seperti, Kota Pariaman, Kota Padang Panjang, Kota Payakumbuh, Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya. Selama 1 minggu para peserta dibekali dengan pengetahuan seputar keselamatan berlalu lintas. Adapun materi yang disajikan antara lain, bidang lalu lintas dan angkutan jalan, outbond, dinamika kelompok, pengetahuan asuransi, penegakan hukum dan kondisi lalu lintas serta transportasi saat ini. 

Sebagai pelopor dalam keselamatan berlalu lintas para pelajar diharapkan dapat meningkatkan kesadaran generasi muda dalam keselamatan berlalu lintas. “Sebagai pelajar pelopor, hal yang perlu menjadi perhatian adalah segala ilmu yang diberikan nantinya bisa meningkatkan pengetahuan kita terhadap keselamatan berlalu lintas serta menyelamatkan diri kita sendiri. Karena jika kita telah bisa menyelamatkan diri kita sendiri, maka setelah itu kita baru bisa menyelamatkan orang lain,” jelas AKBP Zulfardi Sani dari Dirlantas Polda Sumbar dalam arahannya kepada para peserta.

Kepala Dinas yang  diwakili oleh Sekretaris Dishub Kominfo Provinsi Sumatera Barat, Drs.Sirwan, MM, juga mengungkapkan hal yang senada, ia berharap dengan pemilihan pelajar pelopor dapat mewujudkan kondisi lalu lintas yang aman, tertib, lancar dan nyaman. Serta dapat memotivasi para peserta (pelajar pelopor) dan lingkungan dimanapun mereka berada untuk selalu berbuat yang terbaik.***(Dishub Kominfo SB)