SEKDA PROV SUMBAR SERAHKAN PSP3 KE DAERAH PENEMPATAN

Berita Utama () 29 September 2014 01:52:39 WIB


 PADANG,... Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Ali Asmar, secara resmi serahkan Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan ( PSP3 ) ke daerah penempatan, pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan Kota Sawahlunto Jum’at 26/ 9 di Hotel Hayam Wuruk Padang .

Turut hadir wakil Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat H. Priadi Syukur, SH, Kadisdikpora Sawahlunto Marwan, Kepala Bidang Pengembangan Pemuda, Drs.H. Afrizal Muchtar, M.Pd, dan Kepala Seksi Kepeloporan dan Kewirausahaan Pemuda Adiwarman,SE.

Dalam arahannya Ali Asmar menyampaikan, selama menjalani program PSP3 peserta agar dapat mengikuti dengan baik dan nyaman, karena selama berada di Sumatera Barat peserta dijamin keamanannya, disamping pemerintah masyarakat sendiri sudah pasti memberikan pelayanan dengan sepenuh hati.

Bagi masyarakat Minang lanjut Ali Asmar, tamu merupakan orang yang harus dijamu dan dipasilitasi, dan begitu juga peserta PSP3 yang ditempatkan ini. Namun lebih dari itu peserta juga harus dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat minang, mulai dari sikap, sampai dengan ketentuan- ketentuan adat yang ada di Sumatera Barat.

“ Selama berada di Sumatera Barat peserta agar dapat beradaptasi dan sekaligus dapat menularkan ilmu yang di pelajari ke masyarakat sekitarnya, sehingga apa yang dicita- citakan dan diharapkan dapat berjalan dengan baik,’’ kata Ali Asmar.

Kadispora Sumabar Priadi Syukur menerangkan, PSP3 merupakan program kegiatan Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora ) RI yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi. Untuk tahun ini program PSP3 merupakan angkatan yang ke XXIV.

Peserta yang ditempatkan di Sumatera Barat tahun ini berjumlah 32 orang, berasal dari provinsi Lampung 6 orang, Kepri 5 orang, Sumut 13 orang, dan Jambi 8 orang.

Sedangkan Kabupaten dan Kota yang ditunjuk yakni, Kabupaten Tanah Datar akan menerima 17 orang peserta PSP3, yang di tempatkan pada Kecamatan Pariangan Nagari/ Desa Pariangan dan Kecamatan Rambatan Nagari/ Desa Rambatan, Padang Magek, Simawang, III Koto, Balimbing, Batu Basa, Tabek, Sawah Tangah, dan Simabur.

Dan Kota Sawahlunto menerima 15 orang yang akan ditempatkan di Kecamatan Silungkang ( Nagari/ Desa Silungkang tuo, dan muaro Kalaban), Kecamatan Lembah Segar ( Nagari/ Desa Kubang Tangah, dan Lunto Timur ), Kecamatan Barangin ( Nagari/ Desa Talago Gunung, dan Santur ) serta Kecamatan Talawi ( Nagari/ Desa Rantih, Batu Tanjung, dan Kumbayau ).

“ peserta PSP3 akan menjalani kontrak kerja selama 2 tahun dengan menerima modal awal Rp 5 juta dan uang bulanan Rp 3 juta,’’ terang Priadi Syukur. ( M )