Festival Pekan Budaya Sumatera Barat 2014

Berita Utama () 30 Oktober 2014 07:59:10 WIB


adang----Kegiatan positif bagi pelajar tidak saja mengikuti belajar di sekolah, namun juga kita menyediakan kegiatan seni dan budaya sehingga mereka dapat mengembang kreatifitas yang ada pada diri mereka masing-masing.

Seni dan budaya kita tentu terus di pelihara, siapa lagi yang memelihara tentu generasi muda yang sekarang, dan mari kita lestarikan senia dan budaya yang akhirnya juga dapat menyatukan bangsa dan negara.

“ mari kita sediakan peluang bagi anak muda untuk  beraktifitas kegiatan seni dan budaya, semoga memberi ruang yang positif” kata Irwan Prayitno ketika membuka Festival Pekan Budaya Sumatera barat 2014 di Lapangan Imam Bonjol Padang, Jumat (24/10).

Lebih lanjut kata dia, dengan menyediakan ruang bagi generasi muda untuk beraktifitas, memunculkan bakat yang ada pada diri mereka, sehinga kalau ada kompetisi mereka dapat berkembang, sehingga dapat mewakili daerah atau sekolah.

Aktifitas seni dan budaya sangat banyak manfaatnya, kita terus beraktifitas selain mengikuti belajar di sekolah, dapat menjauhi dari perbuatan yang namanya Narkoba, dan asusila. Ungkapnya.

Gubernur juga berharap pada momen festival pekan Budaya Sumatera 2014 mari kita selalu mengembangkan dan mengali budaya minang yang beraneka ragam di masing masing daerah. Melalui seni dan budaya tentu akan tumbuh dan muncul inovasi inovasi baru, yang juga dapat menambah khsanah budaya kita di masa datang.

Dengan seni dan budaya orang akan datang, wisatawann akan berkunjung tentu mempunyai efek yang luar biasa dalam peningkatan perekonomian, dan menambah tenaga kerja, serta dapat pula mengurangi pengganguran di daerah ini. Ucapnya.    

Hadir pada kesempatan itu, Walikota Padang, Kadinas Pariwisata Sumatera Barat Burhasman, Forum Koordinasi Pimpinan daerah Sumatera Barat, Kepala SKPD di lingkungan Provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Burhasman Bur menyampaikan,  festival pekan budaya sumatera barat merupakan rangkaian dari kebangkitan sejalan dengan sumpah pemuda. Tema yang kita usung “ melalui pekan budaya kita bangun kreasi Inspiratif sebagai wujud ekspresi budaya “

“ semarak pemuda kreatif berbagai kegiatan kita munculkan dan tampilkan. Ini sebagai ajang kreasi anak muda dalam mencintai seni dan budaya sendiri. Adapun kegiatan dalam festival pekan budaya sumatera barat seperti festival band, teater kreasi, seni tradisi, usaha-usaha daerah, pasar minang kreatif, disini bermacam macam produk seni minang berbentuk CD yang kita lakukan dan berbagai kegiatan seni lainnya kita tampilkan di pekan budaya ini, pokoknya kegiatan seni dan budaya kita kemas dengan baik. Ujarnya. (Humas Sumbar)