Sumbar-Maroko Kembangkan Potensi Wisata

Berita Utama () 31 Oktober 2014 02:34:54 WIB


Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Dewan Daerah Fes Boulmane Maroko, Lahsen Rafie menandatangani kesepakatan sister province antara pemerintah Provinsi Sumbar, Indonesia dengan daerah Fes Boulmane salah satu provinsi di Maroko. Kedua pemerintah daerah sepakat melakukan hubungan kerja sama.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, Sumbar memiliki potensi cukup besar untuk dikembangkan baik di bidang ekonomi, pendidikan dan pariwisata. “Maroko juga memiliki potensi cukup besar sehingga kerja sama antara dua daerah diharapkan bisa saling menguntungkan,” katanya.

Menurut Irwan, kerja sama tersebut akan dilakukan di semua bidang, seperti di bidang pendidikan. Sebelumnya Maroko juga sudah mempunyai kerja sama dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Imam Bonjol Padang dengan melakukan pertukaran mahasiswa dan dosen, ke depan akan ditingkatkan lagi.
“Selain itu Maroko merupakan negara yang kondusif dibandingkan dengan Mesir dan negara lain di kawasan Teluk, sehingga aman dan posisinya besar dalam memajukan kedua daerah,” ujar gubernur.

Di sisi lain, Dewan Daerah Fes Boulmane, Maroko, Lahsen Rafie mengatakan, hubungan antara Indonesia dan Maroko telah lama terjalin sejak Presiden RI pertama.

“Selain hubungan yang terjalin sejak lama itu, antara masyarakat Fes Boulmane dengan masyarakat di Sumatera Barat memiliki kesamaan diantaranya sama-sama penganut Islam yang taat,” ujarnya.

Dia mengatakan, hal yang paling diminati oleh warga Maroko yang ikut dalam rombongan ke Sumbar adalah sektor pariwisata. “Bagi kami semua objek wisata di Sumbar merupakan objek yang menarik, baik wisata pantai dan pulau, maupun wisata pegunungan yang dilengkapi dengan danau yang indah,” ungkapnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan mempromosikan pariwisata di Sumbar di negaranya, Maroko. Sebaliknya, dia juga mengundang wisatawan dari Sumbar untuk berkunjung ke Maroko yang menurutnya memiliki topografi yang khas dan memukau.

Selain pariwisata, dua daerah juga akan menjajaki kerja sama di bidang pendidikan dan perdagangan. “Kerja sama tersebut dimungkinkan setelah Sumbar sepakat menjalin hubungan sebagai kota kembar dengan Provinsi Fes Boulmane, Maroko,” ujarnya.

Menurutnya ke depan kedua daerah akan saling mempromosikan setiap potensi yang dimiliki sehingga akan mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. (Padek.co)

30 October 2014 13:27 WIB Wartawan : Redaksi - Editor : andri