KESEHATAN OLAHRAGA DINKES PROPINSI

Kesehatan Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 07 November 2014 03:46:33 WIB


Program Kesehatan Olahraga dan Kebugaran Jasmani merupakan salah satu program dari Pokok Program Perilaku Sehat dan Pemberdayaan Masyarakat. Derajat kesehatan dan kebugaran jasmani yang optimal dapat diwujudkan dengan melakukan aktivitas fisik, latihan fisik/olahraga yang baik, benar, terukur, dan teratur secara terprogram dan berkesinambungan.

Rapat koordinasi LP/LS penyelenggaraan kesehatan olahraga ini adalah suatu media dalam rangka menyamakan persepsi tentang pentingnya keterpaduan dalam penyelenggaraan upaya kesehatan olahraga dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja sumber daya manusia.

Salah satu pelayanan kesehatan olahraga adalah pelayanan kesehatan pada kegiatan latihan fisik/olahraga yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi olahraga untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani, yang diselenggarakan secara terpadu dan menyeluruh melalui pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif.

Keberhasilan dan kesinambungan pelayanan kesehatan olahraga tidak hanya ditentukan oleh kinerja sektor kesehatan, tetapi dipengaruhi juga oleh interaksi dinamis dari lintas program/lintas sektor terkait dan didukung oleh pejabat dinas kesehatan.

Oleh karena itu perlu dilaksanakan rapat koordinasi LP/LS penyelenggaraan kesehatan olahraga dengan lintas program dan lintas sektor terkait yang dipimpin oleh pejabat dinas kesehatan yang menjelaskan tugas pokok dan fungsi masing-masing instansi/institusi agar dapat melaksanakan kegiatan dan saling mendukung untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kebugaran jasmani masyarakat secara menyeluruh dan terpadu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.