MENUJU SUMBAR BEBAS MALARIA

Kesehatan Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 07 November 2014 03:49:22 WIB


Pemerintah Provinsi Sumbar berhasil mengeliminasi 15 kabupaten/kota dari penyakit malaria. Atas prestasi itu, Kementerian Kesehatan memberikan penghargaan Sertifikat Eliminasi Malaria, pada pemerintah daerah. Ke 15 Kab/Kota tersebut adalah Kota Padang Panjang, Kota Bukittinggi, Kota Padang, Kota Pariaman, Kab. Agam, Kab.Tanah Datar, Kab. Sijunjung, Kab. Padang Pariaman, Kab. Solok Selatan, Kab. Dharmasraya, Kab. Lima Puluh Kota, Kab. Kab. Pasaman, dan Kab. Pasaman Barat.

Kementerian Kesehatan memberikan sertifikasi pencapaian bebas malaria kepada 200 kabupaten/kota di Indonesia. Sertifikasi tersebut diberikan kepada 212 kabupaten/kota se Indonesia yang telah berhasil mengeliminasi kasus malaria kurang dari 1 per 1000 penduduk dalam 3 tahun berturut-turut. Dari sekian banyak provinsi, hanya Sumbar yang paling banyak daerahnya tereliminasi dari malaria yaitu 15 kab/kota.

Penghargaan kali ini tidak lepas dari pembinaan yang dilakukan Dinas Kesehatan Provinsi dan dukungan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kab/Kota. Upaya mengeliminasi malaria di Sumbar sudah dimulai sejak tahun 2006 silam. Dan hasilnya baru terlihat setelah 8 tahun kemudian. Hasil yang diharapkan memang belum paripurna, sebab masih terdapat empat daerah yang belum bebas malaria yaitu Kab. Kep.Mentawai, Kota Sawahlunto, Kota Payakumbuh, dan Kab. Pesisir Selatan.