Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan saat Naik Pesawat

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 10 Desember 2014 14:16:20 WIB


Bagi kamu yang sering berpergian menggunakan pesawat udara, mungkin saja hal itu sudah menjadi sesuatu yang biasa. Namun, jangan salah, perjalanan yang panjang menggunakan pesawat bisa jadi menyebabkan kamu mengalami mabuk udara, terlebih bagi kamu yang baru sekali naik pesawat udara.

Umumnya, mabuk udara disebabkan oleh ketidakseimbangan tubuh kamu oleh aktivitas yang berlebihan ataupun stamina yang tidak fit sehingga menyebabkan rasa mual dan pusing yang berlarut-larut. Menggunakan pesawat udara tidak seperti menggunakan jalur darat dan laut yang sewaktu-waktu dapat keluar dan menghirup udara segar, sehingga perlu langkah antisipasi untuk mencegah mabuk selama melakukan perjalanan udara. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya mabuk udara:

1. Ketika kamu sudah memasuki ruang pesawat, maka yang perlu kamu perhatikan ialah posisi tempat duduk kamu, apakah kamu berada di dekat jendela atau tidak. Keberadaan posisi bisa jadi meminimalisir mabuk perjalanan, atau malah justru menjadi ancaman. Bila kamu seorang yang tidak takut ketinggian, maka duduklah di dekat jendela,kamu dapat bertukar posisi dengan rekan penumpang lainnya. Memandang jauh pemandangan di luar diyakini bisa menghilangkan mabuk udara yang kamu alami. Namun, bila kamu merupakan orang yang takut ketinggian dan bertambah pusing melihatnya, maka lebih baik menempati posisi duduk di pinggir maupun di tengah.

2. Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan kamu membawa peppermint, baik dalam bentuk minyak beraroma maupun permen. Aroma peppermint diyakni bisa mengusir rasa mual dan pusing. Bila kamu membawa minyak dengan aroma peppermint, kamu bisa menghirup dan mengoleskannya pada pangkal leher maupun perut, sedangkan bila kamu membawa permen, kamu bisa memakannya selama melakukan perjalanan.

3. Ada baiknya, kamu menghindari makan dengan kadar gula dan karbohidrat tinggi sebelum melakukan perjalanan udara, kadar gula yang tinggi dapat memicu adrenalin yang dapat membuat kamu panik disamping mual dan pusing. Makanlah makanan yang mengandung protein dan vitamin seperti sayuran dan telur.

4. Ada baiknya juga kamu menghindari makan besar dan berlebihan satu jam sebelum keberangkatan. Pada saat mabuk, makanan yang penuh diperut, dapat memicu mual dan muntah.

5. Ada baiknya kamu juga meminum obat anti mabuk sebagai alternatif cara menghindari mabuk udara.

6. Bila sudah berada di pesawat, kamu bisa meminta pramugari untuk menyediakan es batu. Hisap es batu tersebut. Hal itu diyakini bisa meminimalisir asam lambung yang menyebabkan kamu mual.

7. Bersikaplah santai dan jangan tegang. Atur nafas kamudengan perlahan sehingga kamu tidak tegang dan bisa rileks. Bila benar-benar pusing, lebih baik kamu beristirahat dengan memanfaatkannya untuk tidur selama pesawat terbang.

Semoga 7 tips diatas bermanfaat untuk kamu agar tidak mabuk udara saat melakukan perjalanan dengan pesawat.

Sumber:Katalaya magazine