Aktivitas Mengisi Waktu Luang Selama Perjalanan

Artikel Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika(Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika) 13 Desember 2014 14:39:01 WIB


Hal ini seringpula dialami oleh banyak penumpang. Padahal ada banyak kegiatan yang sebenarnya bisa kita lakukan dalam jeda waktu menunggu ataupun saat pesawat sedang terbang. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan :

1. Saat di ruang tunggu ataupun saat terbang, bila kita memang sedang melakukan perjalanan seorang diri, ada baiknya kita menyapa orang yang ada disebelah kita. Hal ini dipastikan berguna untuk menambah kenalan dan pengalaman. Bertukar pikiran dan sharing pengalaman bisa jadi menambah point kita sebagai makluk sosial. Kadangkala, bila kita belum pernah menginjakkan kaki ditempat yang sedang kita tuju, kenalan yang memiliki tujuan sama, tentu akan membagikan cerita. Ini menarik tentunya.

2. Jangan salah, mengamati orang bisa jadi merupakan aktivitas wisata dan cuci mata bagi seseorang. Melihat fashion, mode, sikap dan tingkah laku seseorang bisa jadi masukan baru bagi kita ke depan.

3. Bagi kamu-kamu yang memang doyan music, mendengarkan music bisa menjadi salah satu sarana untuk mengusir kebosanan. Untuk itu, iPad, Handphone, MP3, bisa menjadi daftar barang yang perlu dibawa saat melakukan perjalanan.

4. Hal lainnya ialah dengan membaca, misalnya membaca buku bacaan yang dibawa sendiri, majalah yang tersedia hingga Koran berita. Biasanya di ruang tunggu, pihak bandara menyediakan majalah traveler dengan topic dan wisata menarik yang ada di Indonesia bahkan Luar negeri. Ini bisa menjadi salah satu referensi bila suatu saat nanti kamu berkunjung ke wilayah tersebut. Atau saat sedang terbang, biasanya maskapai tertentu memiliki majalah yang terbit secara berkala. Isinya tentu saja menjadikan wawasan kita bertambah, karena didalamnya memuat tempat-tempat wisata, informasi maskapai yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

5. Selanjutnya ialah menulis, bisa dipastikan waktu senggang tersebut bisa menjadi celah waktu untuk menyalurkan hobi menulis apapun misalnya. Baik artikel,essay, surat cinta, puisi dan apapun tulisan mengenai curahan hati. Siapa tahu saja, tulisanmu akan berguna suatu saat nanti, entah sebagai napak tilas, ataupun dikirim dan dimuat di media massa. Bisa dicoba!

6. Nah, ini dia, bila hal-hal diatas enggan dilakukan, tidur merupakan salah satu cara mengisi waktu, terlebih saat pesawat lepas landas. Biasanya moment tidur ini bisa dimanfaatkan untuk melepaskan letih karena aktivitas dan kesibukan yang mungkin mengurangi jatah tidur harian. Tidur bisa juga menjadi sarana refleksi bagi orang-orang yang sering pusing ketika melakukan perjalanan.

7. Mungkin masih banyak hal lain yang bisa dilakukan, namun ketimbang kita menunggu dan hanya diam, lebih baik melakukan aktivitas yang barangkali bisa bermanfaat dan tidak menyia-nyiakan waktu.

Sumber:Katalaya magazine