Ini alasan orang sering pipis saat udara dingin menyerang

Berita Utama Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 23 Januari 2015 00:32:04 WIB


Di cuaca yang dingin atau sedang hujan, kebanyakan orang akan lebih sering buang air kecil daripada biasanya. Ini adalah fenomena alami yang disebut sebagai diuresis dingin. Lantas, apa yang membuat orang lebih sering pipis saat berada di cuaca dingin?

Pada cuaca yang dingin, tubuh akan berusaha menjaga agar suhu di dalam tetap hangat dengan mengurangi aliran darah pada kulit. Proses ini disebut vasoconstriction. Proses ini sangat penting karena panas cepat menghilang dari kulit ke lingkungan. Karena itu, tubuh berusaha mengurangi aliran darah secara ekstrem ke kulit. Ini juga yang membuat ujung jari tangan dan kaki menjadi cepat dingin, seperti dilansir oleh Health Me Up (22/01).

Ketika pembuluh darah menyempit, tekanan darah akan naik karena aliran darah terhambat. Untuk menjaga tekanan darah, ginjal akan menyaring kelebihan cairan dari darah untuk mengurangi volumenya. Hal ini menyebabkan kandung kemih penuh dengan carian dan membuat Anda ingin pipis.

Kandung kemih yang penuh adalah salah satu cara tubuh menghilangkan rasa hangat, sehingga Anda harus cepat buang air kecil untuk menjaga tubuh tetap hangat. Proses ini berlangsung sebaliknya di musim panas dan dikenal sebagai nama vasolidation.

Di musim panas, tubuh akan berusaha mendinginkan dirinya sendiri dengan mengeluarkan panas lewat kulit dan membuat Anda lebih banyak berkeringat. Ketika temperatur udara naik, pembuluh darah akan terbuka sehingga aliran darah meningkat.

Lantas, apa saja faktor yang mempengaruhi hal ini? Tak ada temperatur pasti kapan tubuh akan berusaha memanaskan atau mendinginkan diri sendiri. hal ini dipengaruhi oleh temperatur, pH, dan nutrisi dalam tubuh. Faktor lain yang berpengaruh adalah usia, gender, dan komposisi tubuh, sehingga tingkat kehangatan dari tiap orang akan berbeda-beda.