Anggaran Pilkada Serentak Sumbar Aman

Berita Utama () 23 Januari 2015 09:03:52 WIB


Padang, (Sumbar)-Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, menjamin anggaran untuk Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) serentak di provinsi sumbar tidak akan ada kendala, pasalnya pemerintah setempat telah menyiapkan antisipasi anggaran.

“Tidak ada masalah karena kami bisa menggunakan anggaran yang ada dalam kas daerah. Mekanismenya telah ada dengan menggunakan peraturan gubernur,” katanya di Padang, Kamis (22/1) kemaren.
Menurut dia, hal serupa pernah terjadi juga di Kota Padang dan tidak ada persoalan tuntas juga. “Silahkan KPU melaksanakan kegiatan sesuai tahapan. Jika terjadi kekurangan anggaran, akan kita tanggulangi dengan kas daerah sebelum nanti dibahas lagi dalam APBD Perubahan,” katanya.
Sebelumnya, anggaran pelaksanaan Pilkada serentak dalam APBD Sumbar 2015 dievaluasi oleh Kementerian Dalam Negeri. Ketua KPU Sumbar, Amnasmen mengatakan, anggaran yang tersisa pasca evaluasi itu sebesar Rp.25 miliar dan dinilai bisa mengancam pelaksanaan Pilkada serentak di provinsi itu.
Menanggapi hal itu, Pemprov dan DPRD Sumbar menggelar pertemuan dan ditemukan kesepahaman untuk menambah anggaran Pilkada serentak dalam APBD 2015 menjadi Rp.45 miliar dengan catatan, jika anggaran itu kurang maka akan ditambah sesuai kebutuhan KPU dalam APBD Perubahan.
Dari hitung-hitungan KPU, kebutuhan anggaran untuk melaksanakan tahapan Pilkada serentak 2015 mencapai Rp.95 miliar. Sementara anggaran sebesar Rp45 miliar itu dinilai hanya akan bisa menalangi anggaran Pilkada serentak hingga bulan Juni 2015, atau sebelum APBD Perubahan Sumbar 2015 dibahas, ungkapnya.

(humas sumbar)