Kelompok SPP Program PNPM MPd Ampek Angkek Dikunjungi Ketua TP-PKK Provinsi dan Kepala BPM Sumbar

Berita Utama () 19 April 2013 11:23:22 WIB



Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, tujuan kuker adalah ingin melihat langsung kegiatan perempuan yang sudah dilakukan dimasing-masing daerah untuk mengelola simpan pinjam perempuan, yang bertujuan untuk mengurangi kemiskinan.

 

 

Menurut Ny. Nevi, adanya upaya mengurangi kemiskinan dalam PNPM Mandiri Pedesaan antara lain adanya bantuan dana khusus untuk kelompok SPP. "Alokasi dana untuk kelompok SPP maksimal sebesar 25% dari jumlah total dana yang dialokasikan untuk setiap kecamatan setiap tahunnya, "tukas Ny. Nevi.

 

Ny. Nevi berharap, dana tersebut dapat dimanfaatkan oleh kelompok untuk menambah modal dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

Sementara, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Agam Ny. Titi Irwan Fikri mengatakan, dengan kunjungan yang dilakukan oleh Ny. Nevi dapat memberikan kontribusi dan semangat serta arahan dalam mengelola SPP secara lebih baik lagi.

 

 

Camat Ampek Angkek Endrizal sekaligus sebagai pembina SPP kecamatan Ampek Angkek menyatakan, bahwa di kecamatan Ampek Angkek terdapat 157 rumah tangga miskin, menurutnya angka tersebut sudah mengalami penurunan karena dengan adanya dana SPP.

Endrizal menjelaskan, ada sebanyak 22 kelompok SPP terbentuk, dengan dana sebesar 1,5 milyar.

Ampek Angkek sudah mendongkrak kembali keterampilan atau usaha masyarakat agar terciptanya lahan usaha rumah tangga, sehingga dana yang sudah disiapkan oleh PNPM dapat digunakan secara maksimal.


"Seperti, telah dilakukannya pembinaan secara berkelanjutan kepada pengrajin sulaman tangan, sehingga hasil sulaman tersebut sudah menasional bahkan sudah merancah hingga kepenjuru dunia, "tukas Endrizal.


Sebelum dialog interatif dimulai dengan kelompok simpan pinjam, sebelum itu Ny. Nevi Irwan Prayitno menjambangi ditiap stand kelompok SPP.