International Table Top Exercise Mentawai Megathrust 2013 Indonesia dan negara di kawasan regional tingkatkan kesiapan hadapi Bencana

Berita Utama () 22 April 2013 05:27:10 WIB


Pengalaman dari beberapa bencana alam yang besar yang menelan hingga ratusan dan ribuan korban jiwa dalam satu dasawarsa terakhir di Indonesia dan wilayah lain di asia pasifik, membuat banyak Negara kian menyadari pentingnya kesiapan untuk menghadapi bencana, Topik pada acara ini meliputi sistim peringatan tsunami, manajemen kedaruratan dan mekanisme kerjasama internasional, penggunaan asset-aset militer, peran serta masyarakat internasional .

International Table Top Exercise Mentawai Megathrust Direx 2013, Tanggal 22-25 April 2013, di Padang Sumatera Barat yang di dihadiri serta dibuka oleh Gubernur Sumatera Barat.

Acara tersebut juga di hadiri oleh 251 orang terdiri dari ASEAN + Mitra Wicara (EAS), sejumlah 13 Negara EAS dan 11 Negara Non EAS , 17 Lembaga International seperti IFRC, AHA Center, UN OCHA, WFP, WHO, UNICEF, UNFA, UNDP, UNHCR, World Bank, ECHO, Build Change, AIFDR, Songkla University Thailand, Global Disaster Response, Oxfam, Mercy Corps, JICA, DHL. Peserta Nasional sebanyak 72 orang dan Peserta local/daerah 89 orang.

Mentawai Megathrust Direx 2013 ini adalah koordinasi dan kerjasama serta latihan kesiapan menghadapi bencana. Rangkaian latihan ini mulai dari TTX 2013, dilanjutkan dengan latihan Common Post Exercise (CPX) / Field Training Exercise (FTX) yang akan di adakan Bulan Maret 2014.


Berita Terkait Lainnya :