PETUNJUK TEKNIS LOMBA/KONTES MINANGKABAU AKIK JEWELRY EXPO 2015 (MAJEX)

Pariwisata () 24 Maret 2015 03:28:31 WIB


PETUNJUK TEKNIS LOMBA/KONTES

MINANGKABAU AKIK JEWELRY EXPO 2015 (MAJEX)

DINAS PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF PROVINSI. SUMATERA BARAT

 

  1. I.ASAH BATU AKIK

 

  1. 1.Asah Batu Akik Standar/tradisi/non elektrik

Persyaratan/ketentuan

  1. a.Mengisi formulir pendaftaran
  2. b.Peserta tidak dikenakan biaya pendaftaran (gratis)
  3. c.Peralatan lomba dibawa sendiri oleh peserta
  4. d.Menggunakan alat asah manual/tangan tanpa mesin elektrik
  5. e.Bahan disediakan oleh panitia jenis ametis/transparan seperti kecubung, cimpago dengan variannya
  6. f.Peserta akan mengasah batu akik 3 macam model ; tampak samping (berpunggung), tampak atas (round/bulat) dan oval (biji petai)
  7. g.Pemenang yang akan dipilih : juara 1, juara 2 dan juara 3. Apabila peserta lomba kurang dari 15 maka panitia hanya kan menetapkan satu pemenang saja (juara 1) selanjutnya juara 2 dan juara 3 ditiadakan.
  8. h.Kriteria penilaian………………………..
  9. i.Pelaksanaan lomba ; Jumat, 3 April 2015 pukul 09.00 – 17.00 wib
  10. j.Hadiah total Rp 2.250.000,-
  11. k.Hadiah :
    1. oJuara 1 (Rp 1.000.000 + tropy + sertifikat + mesin/dinamo)
    2. oJuara 2750.000 + tropy + sertifikat + mesin/dinamo)
    3. oJuara 3500.000 + tropy + sertifikat + mesin/dinamo)

 

 

  1. 2.Asah Batu Akik Kreasi/Bebas/Kreasi

Persyaratan/ketentuan

  1. a.Mengisi formulir pendaftaran
  2. b.Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000.
  3. c.Peralatan lomba dibawa sendiri oleh peserta
  4. d.Menggunakan alat asah mesin elektrik
  5. e.Bahan disediakan oleh panitia dengan ukuran/berat yang sama
  6. f.Jenis bahan yang disediakan oleh panitia berasal dari ; lumuik Sungai Dareh, lumuik Suliki dan lumuik Pasaman
  7. g.Model asah kreasi yang dipilih salah satu yang ditetapkan oleh panitia yakni ; model untuk kalung, kepala ikat pinggang dan mainan gelang.
  8. h.Pemenang yang akan dipilih : juara 1, juara 2, dan juara 3. Apabila peserta lomba kurang dari 15 maka panitia hanya kan menetapkan satu pemenang saja(juara 1) selanjutnya juara 2 dan juara 3 ditiadakan
  9. l.Kriteria penilaian………………………..
  10. m.Pelaksanaan lomba ; Sabtu, 4 April 2015 pukul 10.00-17.00 wib
  11. n.Total hadiah Rp 3.250.000,-
  12. o.Hadiah :
    1. oJuara 1 (Rp 1.500.000 + tropy + sertifikat + mesin/dinamo)
    2. oJuara 2 (Rp 1.000.000 + tropy + sertifikat + mesin/dinamo)
    3. oJuara 3750.000 + tropy + sertifikat + mesin/dinamo)

 

 

  1. II.KONTES BATU CINCIN

 

  1. 1.Kontes Batu Cincin Lumuik

Persyaratan/ketentuan

  1. a.Mengisi formulir pendaftaran
  2. b.Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000.
  3. c.Ukuran batu cincin (dimensi ukuran) ………………………………..
  4. d.Klas kontes akan dikategorikan
  5. 1.Lumuik Sungai Dareh
  6. 2.Lumuik Suliki
  7. 3.Lumuik Pasaman
    1. e.Pemenang yang akan dipilih juara 1, juara 2, dan juara 3 pada masing masing klas . Apabila peserta lomba kurang dari 15 maka panitia hanya kan menetapkan satu pemenang saja(juara 1) selanjutnya juara 2 dan juara 3 ditiadakan
    2. f.Kriteria lomba memakai konsep 4 C (carat,color,clarity,cutting) ditambah beberapa kriteria lain yakni …………………………………..
    3. g.Pelaksanaan lomba ; Minggu 5 April 2015 pukul 11.00- 16.00 wib
    4. h.Total hadiah Rp 6.750.000,-) untuk 3 klas kontes
    5. i.Hadiah ;
    6. oJuara 1 (Rp 1.000.000 + tropy + sertifikat )
    7. oJuara 2750.000 + tropy + sertifikat )
    8. oJuara 3500.000 + tropy + sertifikat )
    9. 2.Kontes Batu Cincin Bergambar

 

Persyaratan/ketentuan

  1. a.Mengisi formulir pendaftaran
  2. b.Setiap peserta dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000.
  3. c.Ukuran batu cincin (dimensi ukuran) ………………………………..
  4. d.Klas kontes akan dikategorikan klas batu cicin bergambar
  5. e.Pemenang yang akan dipilih juara 1, juara 2, dan juara 3 pada masing masing klas . Apabila peserta lomba kurang dari 15 maka panitia hanya kan menetapkan satu pemenang saja(juara 1) selanjutnya juara 2 dan juara 3 ditiadakan
  6. f.Kriteria lomba : …………………………………..
  7. g.Pelaksanaan lomba ; Minggu 5 April 2015 pukul 11.00 – 16.00 wib
  8. h.Total hadiah Rp 3.250.000,-
  9. i.Hadiah ;
  10. oJuara 1 (Rp 1.500.000 + tropy + sertifikat )
  11. oJuara 2 (Rp 1.000.000 + tropy + sertifikat )
  12. oJuara 3750.000 + tropy + sertifikat )

 

  1. III.BURSA BATU MULIA/FAIR AKIK

Persyaratan/ketentuan

  1. 1.Peserta pengisi stand bursa, mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan copy KTP
  2. 2.Peserta yang direkomendasi kabupaten kota melihatkan surat keterangan dan pengantar dari daerahnya kepada panitia pelaksanan.
  3. 3.Peserta perwakilan daerah kabupaten kota maksimal 5 peserta stand yang ikut, 2 stand gratis menempati lokasi stand yang ditentukan.
  4. 4.Panitia berhak mendata setiap transaksi yang terjadi selama event, sebagai bahan data evaluasi kinerja pelaksanaan Majex 2015.
  5. 5.Pada bursa batu diprioritaskan batu lokal Sumatera Barat, namun tidak tertutup bagi batu nusantara dan berbagai pernik lainnya seperti ikat cincin, liontin, bahan dan pernik lain sebagainya yang berkaitan langsung dengan aktifitas batu cincin akik.
  6. 6.Ketentuan kontribusi/sewa untuk stand sebagai berikut : Stand indoor Peserta luar daerah Rp 1.5 jt/stand dengan etalase disediakan. Peserta Lokal Rp 750.000 dengan etalase disediakan panitia. Jika etalase disediakan sendiri maka dibebankan Rp 500.000,- Stand Out door Rp 300.000/stand etalase disediakan sendiri oleh peserta.
  7. 7.Jadual Bursa tanggal 3 – 5 April sejak pukul 09.00 wib hingga pukul 21.00 wib

 

 

 

 

  1. IV.LELANG BATU

Persyaratan/ketentuan

  1. 1.Setiap peserta mengisi formulir dan melampirkan foto copy KTP sekaligus mengisi formulir Fakta Integritas Kepemilikan dibubuhi materai barang yang akan dilelang.
  2. 2.Lelang batu mulia, lokal dan nusantara berupa gelang, kalung dan cincin
  3. 3.Lelang bahan bahan batu asal Sumatera Barat.
  4. 4.Peserta lelang dapat mendaftarkan barang yang akan dilelang sejak tanggai 1 Maret sampai dengan 2 April 2015.
  5. 5.Setiap peserta lelang harus menginformasikan terlebih dahulu harga jualnya.
  6. 6.Barang yang terjual pada kegiatan lelang akan dikenakan biaya sebesar 10 % dari nilai terjual.
  7. 7.Pelaksanaan lelang akan dilaksanakan 3-5 April 2015 setiap pukul 14.00 wib, bertempat di ruang pertemuan (aula 1 ).

 

 

  1. V.SUSEKI EXIBHITION (BATU BERBENTUK BATU-BATU/MATERIAL)

Persyaratan/ketentuan

  1. 1.Peserta/ kolektor dapat mendaftar kepada panitia sejak tanggal 1 Maret – 2 April 2015.
  2. 2.Peserta/kolektor mengisi formulir yang disediakan oleh panitia yang menginformasikan daerah asal batu serta meletakkan nilai jual/harga, jika ingin menjual koleksinya.
  3. 3.Bila terjadi transaksi jual beli, maka panitia berhak mendapatkan komisi penjualan sebesar 8 % dari nilai jual.
  4. 4. Setiap peserta individu/ daerah berhak memajang koleksinya maksiamal 3 buah dengan masing masing berat 10 kilogram.
  5. 5.Jadual pelaksanaan tiap hari selama ivent (3-5 April 2015) pukul 09.00 – 21.00 wib bertempat diruang lobby Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat.

 

 

  1. VI.COACHING CLINIC (EDUCATION/PEMBERDAYAAN)

Persyaratan/ketentuan

  1. 1.Peserta mengisi formulir pendaftaran yang disediakan oleh panitia.
  2. 2.Pendaftaran dapat dilakukan sejak tanggal 1 Maret sampai dengan tanggal 3 April 2015 kepada panitia pelaksana.
  3. 3.Materi Coaching Clinic terdiri dari : Teknik Memilih bahan yang bermutu dan baik untuk dijadikan bahan batu cincin akik. Teknik mengasah yang praktis mudah dan menghasilkan keluaran batu cincin yang indah dan Eksploitasi Batu Akik dan Transaksi Besbasis Konservasi.
  4. 4.Narasumber yang terlibat merupakan pakar dan pemerhati batu akik Sumatera Barat.
  5. 5.Jadul kegiatan dilaksanakan : Sabtu, 4 April 2015, pukul 10.00 wib, di Ruang Pertemuan (Aula 2) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat.

 

 

VII.          LIVE MUSIC SETIAP HARI

Setiap hari akan ada hiburan yang disediakan oleh panitia antara lain SANAYA MUSIK ENTERTAINMENT dengan dukungan artis kota Padang. Tanggal 3- 5 April 2015. Di Panggung Utama, Halaman Parkir Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumatera Barat Sejak Pukul 10.00 -21.00 Wib.


Berita Terkait Lainnya :