Keterampilan Menjahit Modal Berwirausaha

Berita Utama () 16 April 2015 02:04:13 WIB


Pesisir Selatan, Untuk menekan angka pengangguran akan berkorelasi dengan kemiskinan, jika kita cermati lebih dalam penyebab seseorang dikatakan miskin karena mereka tidak mempunyai pekerjaan dan penghasilan yang mencukupi.

Hal ini pula berhubungan dengan keahlian atau ketrampilan yang memadai, yang mampu mereka jadikan modal untuk mendapatkan pekerjaan atau wirausaha, untuk itu kita perlu meningkatkan Keterampilan Sumber Daya Manusia kita.” Ucap IP ketika meresmikan kegiatan pelatihan menjahit di Nagri Amping Parak Kecamatan Sutera Pesisir Selatan, yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumatera Barat. Rabu (15/4) kemaren.

Gubernur juga berharap kepada para peserta semua marilah kita bersepakat bahwa akan mengikuti pelatihan ini dengan bersungguh-sungguh sampai selesai. Semoga pada akhir pelatihan ini semuanya sudah memiliki keterampilan dan bisa meningkatkan kualitas masing-masing nantinya”, tambahnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar Sofyan SH, camat Sutera dan para peserta pelatihan menjahit angkatan ke III.

Sementara Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sumbar Sofyan SH mengatakan, pelaksanaan kegiatan keterampilan menjahit ini pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja/pencari kerja/pengangguran.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah diharapkan kepada seluruh peserta pelatihan dapat bekerja/membuka usaha sendiri setelah selesai pelatihan ini. Peserta pelatihan ini adalah pemuda/penganggur/pencari kerja masyarakat nagari Amping Parak Kecamatan Sutera sebanyak 16 orang.

Para peserta latihan akan melaksanakan kegiatan ini selama 30 hari yang dimulai pada tanggal 16 April s/d 21 Mei 2015.

Kepada peserta akan diberikan bantuan berupa 16 mesin jahit dan perlengkapannya, ditambah sertifikat bagi mereka yang lulus, serta bantuan transportasi dan konsumsi.

“ disamping membuka usaha sendiri juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru, sehinga dapat meningkatkan perekonomian keluarga, ucap Sofyan.

(humas Sumbar)