Pemprov Sumbar Anggarkan Rp4,7 Miliar untuk Simaya

Berita Utama () 22 April 2015 05:01:06 WIB


Padang- Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menganggarkan Rp4,7 miliar untuk mendukung pelaksanaan Sistem Adminstrasi Pemerintahan Maya (Simaya) yang dinilai lebih efisien dari sistem manual.

"Memang belum ada penelitian seberapa besar efisiensi sistem ini dibanding sistem manual. Namun yang jelas, biaya penggunaan alat tulis kantor (ATK) akan jauh menurun," kata Asisten I Pemprov Sumbar, Devi Kurnia usai membuka rapat persiapan Simaya di gubernuran, Selasa.

Selain itu menurut dia, biaya yang harus dikeluarkan untuk mengantarkan surat, risiko kehilangan di jalan dan waktu yang dibutuhkan hingga surat tersebut sampai ke tangan pejabat yang dituju akan bisa diminimalkan.

"Sangat banyak keunggulan dari sistem ini untuk meningkatkan efektivitas dan kinerja pemerintahan di Sumbar," katanya.

Keunggulan lain dari Simaya menurutnya, akan memudahkan setiap SKPD dalam melakukan disposisi surat menyurat di lingkungan Pemprov Sumbar.

"Nanti ketika disposisi kepada Gubernur tinggal menggunakan Simaya, sehingga akan menghemat waktu dan tenaga," ujarnya.

Sementara itu Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Irwan mengatakan, anggaran Rp4,7 miliar untuk pengembangan Simaya tersebut terbagi untuk biaya aplikasi, pembelian perangkat "gadget" yang mendukung Simaya untuk semua SKPD dan biaya pelatihan.

"Kami optimis, September 2015 Simaya ini telah efektif digunakan di Sumbar," katanya.

Dia menambahkan, Pemprov Sumbar saat ini tengah mempersiapkan tenaga adiminstrasi untuk menjalankan aplikasi Simaya.

"Kami terus matangkan persiapan agar pegawai SKPD nanti bisa menggunakan Simaya ini," ujarnya.