Wagub Buka Acara Perkemahan Santri Nusantara Tk. Sumbar

Berita Utama Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat(Biro Humas Sekretariat Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) 19 Mei 2015 08:16:09 WIB


Padang,Wakil Gubernur  Sumatera Barat Muslima Kasim membuka acara Perkemahan Santri Nusantara tingkat Prov. Sumbar bertema dengan perkemahan pramuka santri kita kuatkan jati diri santri yang berakhlak mulia berwawasan Nusantara untuk jaga lingkungan dengan semangat bela Negara yang bertempat di Bumi Perkemahan Padang Besi Padang, senen (18/5) kemaren. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ka Kanwil Kemenag Prov. Sumbar dan Kakan Kemenag Kab/Kota se Sumbar.

Acara tesebut rencananya diikuti oleh 19 Kab/Kota se Sumbar dimana ada 16 yang hadir kecuali 3 Kab/kota yakni Kab. Sijunjung, Kep. Mentawai dan Kab. Padang Pariaman, yang tidak memiliki Pesantren se tingkat SMA dibawah Kemenag. Dalam acara tersebut masing-masing kab/kota mengutus perwakilannya sebanyak 20 orang dengan jumlah peserta lomba secara keseluruhan mencapai 330 orang.

Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim sekaligus Pimpinan Kwartir Daerah 03 Gerakan Pramuka Sumbar menyampaikan bangga dan salut atas terlaksananya kegiatan ini.

Dilanjutkannya, Generasi muda harus bisa menjadi generasi yang bermoral sehat dan pintar serta mampu menghadapi persaingan hidup dimasa yang akan datang. Selain itu juga harus mempunyai etos kerja serta disiplin dalam berbagai hal, memiliki daya juang, mentalitas yang berprestasi dan berintegritas. Dan perlu adanya pembinaan mental dan spiritual.

“Kegiatan yang dilakukan oleh pramuka ini dapat dijadikan sebagai sarana dalam pengisian mental dan spritual sebagai ukuran lahirnya kader-kader yang akan datang” ujarnya.

Wakil gubernur juga menyampaikan bahwa peran pesantren dengan para ulamanya dari dulunya menghasilkan generasi muda yang handal. Hal ini dapat membantu dalam pengisian kemerdekaan dengan cara menanamkan kepada generasi muda nilai-nilai agama untuk dapat memerangi narkoba sehingga dapat menghasilkan kader perubah bangsa kearah lebih baik tutupnya.

(Humas Sumbar)