Ketua UPUS Sumbar ; Percepat Realisasi Tanam Padi

Pertanian RASMUNALDI, ST(Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan) 30 September 2015 20:52:53 WIB


Ketua Nasional Upaya Khusus Padi, Jagung, Kedelai (Upsus Pajale)  Untuk Sumatera  Barat, Ir. Susilo  MS meminta agar    tim  Upsus Kabupaten/Kota    mempercepat  realisasi tanam  padi  Sumatera Barat yang sampai  saat ini masih  belum  memenuhi target.Hal itu disampaikan saat   evaluasi Upsus  Pajale di Dinas Pertanian Tanaman Pangan Sumbar di Bandar  Buat Padang, Selasa (22/9-2015).

Selain dihadiri langsung  Ketua Upsus Pajale Nasional, rapat evaluasi  ini dihadiri  Kepala Dinas  Pertanian Kabupaten/Kota  dan Kepala  Badan Pelaksana Penyuluhan Kabupaten/Kota  Se-Sumbar.Ia menyebutkan, dari laporan  terakhir  minggu kedua bulan September  2015, realisasi  tanam padi  di Sumbar  untuk  musim tanam  Agustus sampai September  masih dibawah  target.  Target yang telah ditetapkan adalah  seluas  253,509 Ha, sementara  yang terealisasi baru mencapai  194,734 Ha atau baru sebesar 78,48 Persen.Padahal, katanya, kata kunci untuk mencapai target produksi padi Di Sumbar yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebesar 2,650.000 ton adalah  luas  tanam. Oleh karena itu, katanya, agar  target  produksi tersebut   bisa tercapai maka  Pemerintah Sumatera Barat mau  tidak mau  harus menggenjot realisasi tanamnya sesuai dengan  target-target yang telah ditentukan.

Dari data yang diterima  Tim Upsus Nasional Pajale untuk Sumatera   Barat  tersebut ia juga memuji beberapa kabupaten/kota yang  telah mampu menambah luas tanam   untuk mencapai target yang telah ditetapkan tersebut. Beberapa kabupaten/kota itu adalah  Kota Padang, Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Sijunjung,  dan  Kabupaten Tanah Datar dengan  total tambahnya sebesar 10.162 ha.Dengan adanya tambahan tersebut menunjukan   kinerja  yang baik dari pemerintah kabupaten/kota yang  mampu menambah luas tanamnya dan hal  itu patut diapreasiasi oleh  Tim Upsus Nasional Pajale untuk Sumbar. Dan  kepada  daerah-daerah yang belum mampu menerima ia  meminta agat berupaya menambah realisasi tanamnya sehingga  target  yang telah ditentukan dapat tercapai.Disamping meminta mempercepat realisasi tanam, kesempatan  evaluasi  tersebut juga dimanfaatkan dengan mengevaluasi seluruh kegiatan yang mendukung  Upsus Pajale di  Sumbar seperti bantuan benih dan pupuk, rehab jaringan  irigasi, optimalisasi lahan, SL PTT, bantuan  Alsintan , Pompa,  dan alat pasca panen.