Dua Kecamatan Terlanda Longsor di Kabupaten Agam

Dua Kecamatan Terlanda Longsor di Kabupaten Agam

Berita Utama HERA ARMAN, ST(Badan Penanggulangan Bencana Daerah) 09 November 2015 19:46:05 WIB


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam menyampaikan 2 daerah terlanda longsor sejak sore tadi (9/11/2015), kejadian tersebut terjadi di wilayah kecamatan Baso dan kecamatan Palupuh. Dipastikan tidak adanya korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Kepala Pelaksana BPBD Agam, Bambang Warsito membenarkan kejadian tersebut. Longsor akibat hujan deras selama beberapa jam telah mengakibatkan turunnya material dari tebing. Seperti halnya di Jorong Mudik Palupuh Nagari Koto Rantang Kecamatan Palupuh, 1 rumah warga tertimbun, serta menutup jalan propinsi yang menghubungkan antara Medan dengan Bukittinggi. Saat ini terjadi kemacetan sepanjang 1 km di lokasi. “Petugas BPBD dan PU telah berada di lokasi untuk membuka akses jalan”, katanya.

Petugas Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Agam, juga melaporkan kejadian terjadi sekitar pukul 18.00 wib disaat hujan dengan intensitas sedang melanda wilayah Kabupaten Agam. Daerah yang terdampak akibat longsor terebut selain terjadi di kecamatan Palupuh, juga terjadi di Jorong Simarasok Nagari Simarasok Kecamatan Baso, yang menyebabkan 1 buah rumah dihuni sebanyak 2 KK milik N. Nasri (35 th) tertimpa material longsoran yang mengenai 2 kamarnya. SD 21 Simarasok juga terkena longsoran di bagian dinding pagar, tidak jauh dari lokasi longsor juga menimpa saluran irigasi Dt. Kodoh di Jorong Sungai Angkek Nagari Simarasok.

Hingga saat ini Petugas bersama dengan masyarakat sejak sore tadi telah bergotong royong untuk membersihkan material longsoran, ujar Satgas Pusdalops BPBD Agam yang dihubungi oleh Pusdalops BPBD Sumbar melalui selulernya. (Gst)