Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai Siap Amankan Pilkada 2015

Berita Utama Jojon(Biro Humas) 05 Desember 2015 22:05:02 WIB


Mentawai, BKNews

Kepolisian Resor Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, siap mengamankan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 9 Desember 2015.

"Kami siap mengamankan semua tahapan pilkada sampai selesai. Sebanyak dua pertiga kekuatan atau 300 personel akan kita turunkan," kata  Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai. AKBP Reko Indro Sasongko usai mengantarkan pasukan Mantap Praja 2015 di Pelabuhan Tuapeijat Sipora Utara Kabupaten Mentawai. Kamis (3/12) Ia mengatakan pengamanan pilkada memang tugas kepolisian namun tentunya harus didukung oleh semua pihak dalam menciptakan pilkada yang aman, tentram dan jujur berjalan dengan lancar di Mentawai.

"Kami instruksikan semua anggota Polres Mentawai agar menjaga netralitas dan tidak berpihak kepada salah satu calon kepala daerah," tegasnya. jumlah personil kepolisian yang di terjunkan di Mentawai berjumlah 300 orang di bagi tiga bagian yakni patroli di TPS dan bantuan dari Kapolda.

Ia menjelaskan personel kepolisian yang disiapkan akan ditempatkan di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Seluruh Kabupaten Kepulauan Mentawai, ujarnya.

Selain itu juga di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Mentawai, sudah sampai ke tempat-tempat penyelenggara pilkada di tingkat bawah, “mereka telah sampai para petugas pengamanan pemilihan pilkada 2015,” ucapnya.

Lanjut dia, "Pada intinya Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai siap mengamankan pilkada bersama TNI, Satpol PP dan instansi terkait lainnya. Tentu masyarakat juga harus mampu menciptakan keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres juga membacakan amanat Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Sumbar.
Amanat Kapolda itu pada intinya meminta semua komponen bisa mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif, melaksanakan pengamanan dan melakukan penegakan hukum sesuai aturan yang ada, ujarnya.

(sumbarprov.go.id)