Agenda Pengelolaan Lingkungan Hidup 2015 dan kedepannya: Agenda Penurunan Beban Pencemaran dan Peningkatan Kualitas Sungai

Lingkungan CITRA APRO AMOR, S.Si(Dinas Lingkungan Hidup) 07 Desember 2015 21:43:11 WIB


Sungai yang banyak di Sumatera Barat tidak memungkinkan penanganan secara sekaligus tetapi diperlukan penetapan skala prioritas dalam penanganannya. Berdasarkan indeks pencemaran air, Sungai Batang Agam merupakan sungai yang prioritas untuk ditanganiterutama pada segmen perkotaan. Karakteristik dan penyebab penurunan kualitas air sungai mempunyai pola yang hampir sama antara sungai satu dengan sungai lain sehingga yang paling dibutuhkan saat ini adalah pengembangan program kerjasama antar daerah dan antar sektor dalam pemulihan dan pengendalian pencemaran sungai perkotaan. Dalam hal ini Batang Agam dipilih sebagai model dari program kerjasama tersebut.

          Selain sungai Batang Agam, Sungai Batang Hari juga merupakan sungai lintas provinsi yang prioritas untuk ditangani.Multi faktor penyebab kerusakan DAS dan keterbatasan yang ada, menuntut bahwa hendaknya program yang direncanakan benar-benar tepat dan effektif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Oleh sebab itu program pengkajian pemulihan kerusakan DAS dan morfologi Sungai Batang Hari masih dibutuhkan, selain pemantauan kualitas air yang selama ini sudah dilakukan. Berikut ini gambaran lebih jauh tentang agenda penurunan beban pencemaran dan pemulihan sungai :

  1. Program Pengembangan Kerjasama Antar Daerah dalam Pemulihan dan Pengendalian Pencemaran Sungai Batang Agam.

Program ini dilaksanakan multiyears dengan target pencapaian pada tahun 2020 beban pencemaran dapat diturunkan sebanyak 15 %. Pada tahun 2015 dan 2016 target lebih kepada penanggulangan sampah dan penyadaran masyarakat melalui publikasilingkungan serta pembentukan klaster/pemukiman percontohan dalam mengatasi limbah domestik.

Pada tahun berikutnya akan dikembangkan model penganggulan limbah cair antara lain pengembangan teknologi sederhana untuk kegiatan skala kecil dan mikro seperti rumah potong hewan, hotel/losmen dan rumah sakit/klinik.

  1. Pengkajian pemulihan kerusakan DAS dan morfologi Sungai Batang Hari

Pengkajian pemulihan kerusakan DAS dan morfologi Sungai Batang Hari ini merupakan salah satu dari keseluruhan program pemulihan Sungai Batang Hari yang dicanangkan hingga tahun 2020. Program tersebut dituangkan dalam rencana aksi yang disepakati antara Pemerintah Provinsi Jambi dan Sumatera Barat serta Kabupaten/Kota yang dilintasinya. Pelaksanaan program ini sudah diagendakan pada tahun 2015 dan akan dilaksanakan pada tahun 2016. Program selanjutnya akan dilaksanakan bertahap sesuai kesepakatan dan rekomendasi dari hasil kajian tersebut.