PERPUSTAKAAN SUMBAR SEMAKIN MENGGELIAT PASCA GEMPA SEPTEMBER 2009

PERPUSTAKAAN SUMBAR SEMAKIN MENGGELIAT PASCA GEMPA SEPTEMBER 2009

Berita Utama () 10 Desember 2015 21:05:48 WIB


Hal ini disampaikan oleh Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat  Drs. H. Alwis dalam sambutannya ketika meresmikan Taman Bacaan Out Door di lantai V Gedung Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat Kamis 10 Desember 2015 di Jalan Diponegoro No. 4 Padang

       Lebih lanjut Pj. Bupati Pesisir Selatan ini mengatakan bahwa Perpustakaan Sumatera Barat merupakan salah satu perpustakaan yang tertua di Indonesia dan Perpustakaan tipe A, hanya ada enam buah Perpustakaan yang tipe A di Indonesia dan salah satunya berada di Sumatera Barat, untuk itu Perpustakaan ini merupakan kebaggaan bagi rakyat Sumatera Barat.

       Mantan Kepala Biro Umum Setda Prov Sumbar ini juga menceritakan kilas balik peristiwa pada tanggal 30 September 2009 yang lalu dimana Perpustakaan Sumatera Barat dihantam Gempa dengan kekuatan 8,9 SR yang memporak poranda semua isinya, jumlah exemplar dan judul buku yang sangat banyak sekali sangat sulit pula bagi kita untuk menyelamatkannya. Hal ini membuat para pemerhati Perpustakaan di ranah Minang sangat kecewa dan juga memilukan hati mereka, dan berkat kerjasama pemerhati Perpustakaan dengan stake holder yang lainnya, bersama-sama menghadap dan meyakinkan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat tentang betapa pentingnya arti perpustakaan ini bagi rakyat Sumatera Barat, sehingga Pemerintah Provinsi dan DPRD Sumatera Barat juga berkomitmen untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat Sumatera Barat dan langsung mengalokasikan dana pada APBD untuk pembangunan kembali gedung Perpustakaan Sumatera Barat ini, dan pada Oktober 2014 Gedung Perpustakaan yang megah ini diresmikan pemakaiannya.

       Alumni APDN Bukit Tinggi ini juga menyampaikan idealnya sebuah perpustakaan tidak hanya dilihat dari megah gedungnya tetapi juga harus didukung oleh Sumber Daya Manusia yang handal, sarana prasarana yang baik serta system pengelolaaan dan administrasi yang mapan dan didukung pula oleh pelayanan yang baik. Kondisi Perpustakaan Sumatera Barat sekarang sangat baik sekali mulai dari pengelolaan dan gedung sudah dapat kita lihat dan rasakan bersama. Artinya setelah dihantam Gempa beberapa tahun yang lalu Perpustakaan Sumatera Barat semakin melengkapi dirinya dengan judul dan koleksi buku-buku yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jumlah buku sisa gempa 2009 yang lalu hanya 31.386 judul saja dan sekarang sudah 50.725 judul dan 211.391 examplar. Disamping itu juga memanfaatkan Teknologi Informasi, dimana sekarang untuk menjadi anggota perpustakaan sudah melalui jalur Online, masyarakat juga dapat mengakses judul-judul buku melalui E-katalok dari rumah masing-masing melalui internet. Hari ini juga dibuka Taman Bacaan Out Door di lantai V Gedung Perpustakaan dimana masyarakat dapat membawa anak-anak mereka dan memanfaatkan taman Bacaan ini untuk bermain sambil belajar.

       Harapan mantan Kepala Perwakilan Sumatera Barat di Jakarta ini adalah, Apa yang kita peroleh sekarang seperti fasilitas yang lengkap ini marilah kita manfaatkan dan kita jaga penggunaannya, kita manfaatkan perpustakaan sebagai ajang menimba ilmu pengetahuan bagi masyarakat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa kata mantan Kabag Umum Kota Padang ini menutup pembicaraannya. Pada kesempatan ini Bapak Drs. H. Alwis juga menyerahkan Serifikat Lomba Workshoop Menulis Kreatif dan Kelas Menulis Kreatif mulai tingkat Sekolah Dasar sampai Tingkat Perguruan Tinggi.(by. Akral)