Wasir Atau Ambeien

Layanan Kesehatan Indra, S.Kom(Dinas Kesehatan) 11 Desember 2015 00:48:08 WIB


Wasir atau ambeien adalah pembuluh darah yang membesar dalam anus dan rektum. Wasir sering disebabkan oleh mengejan saat buang air besar, mengangkat barang berat, melahirkan, batuk yang parah, dan duduk terlalu lama. Gejala yang terkait dengan wasir dapat diobati dengan obat topikal seperti krim wasir, perubahan gaya hidup dan makan, atau dalam kasus-kasus ekstrim pembedahan.

Wasir dapat timbul secara internal maupun eksternal. Jenis wasir yang terjadi di luar kanal anus disebut wasir internal. Wasir internal sangat tidak nyaman, namun tidak menyakitkan wasir eksternal. Jika wasir internal harus menjadi thrombosed Anda akan memiliki sakit wasir yang ekstrim. Jenis eksternal wasir akan berdarah dan menjadi sangat gatal.

Wasir internal juga dikenal sebagai wasir prolaps dan memerlukan pengobatan yang tepat untuk menghindari komplikasi yang lebih parah. Ada empat skala penilaian yang digunakan untuk menentukan tingkat keparahan wasir internal. Kelas pertama adalah yang paling kecil dan tidak parah, kedua adalah penonjolan dari wasir selama buang air besar yang secara spontan berkurang sendiri, Kelas ketiga adalah tonjolan selama buang air besar yang harus secara didorong masuk kembali, kelas keempat adalah wasir sepenuhnya prolaps yang tidak dapat dikurangi dan lapisan dalam rektum juga mulai prolaps.

Wasir memiliki kecenderungan untuk kambuh bila sebelumnya pernah mengalami. Menemukan penyebab wasir Anda adalah langkah pertama yang harus dilakukan. Pengobatan wasir tidak ada gunanya jika Anda tidak menghilangkan penyebab masalah. Mengejan karena sembelit adalah penyebab utama wasir. Wasir yang menyebabkan ketidaknyamanan ringan di pagi hari bisa menjadi sangat menyakitkan pada malam hari.

Pengobatan wasir terdiri dari pertama menghilangkan gejala dan kedua, mengecilkan wasir. Pengobatan cepat dan agresif bisa mengurangi wasir dalam dua sampai tiga hari, namun pengobatan rutin selama beberapa minggu mungkin diperlukan untuk benar-benar menyembuhkan wasir.

Mencegah Wasir atau ambeien

  • Berolahraga secara teratur pada interval 15 menit akan meningkatkan kemampuan Anda untuk mencerna. Salah satu masalah yang terkait dengan nyeri wasir adalah pencernaan yang buruk.
  • Makan dalam jumlah tinggi serat seperti buah-buahan dan sayuran tambahan adalah ide bagus.
  • Meningkatkan jumlah air yang Anda minum akan membuat Anda dari sembelit. Minum minimal 8 gelas dianjurkan untuk membantu Anda BAB tanpa mengejan..
  • Hindari mengangkat barang berat

Cara mengobati wasir

Ada tiga kategori pengobatan wasir, dengan berbagai jenis nyeri wasir, yang meliputi:

1. Pembedahan

2. Krim

3. Obat alami

Beberapa orang dengan sakit yang ekstrim dapat mempertimbangkan menjalani operasi pengangkatan wasir menggunakan proses seperti hemorrhoidectomy. Untuk jenis lebih ringan dari sakit wasir, mungkin dapat membeli satu dari banyak krim atau lotion. Perawatan ini menawarkan penderita pereda nyeri sementara, tetapi tidak akan menyembuhkan wasir.  Sementara, untuk menyembuhkan wasir Anda akan perlu untuk menemukan pengobatan yang langsung mengobati penyebab  wasir.  Krim akan mengurangi jumlah bengkak yang Anda alami, sehingga menghilangkan beberapa rasa sakit wasir atau ambeien


Berita Terkait Lainnya :